Sang Jenderal Pulang Kampung ! Duet dengan Cudy Wujudkan Sulteng Emas

  • Whatsapp

Lahir di Makassar pada 11 Agustus 1966, Mayor Jenderal TNI (Purn) Sulaiman Agusto menjadi salah satu kandidat potensial dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah 2024. Diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Hanura, Mayjen Sulaiman Agusto berpasangan dengan Rusdy Mastura dalam kontestasi pemilu mendatang. Memiliki nama lengkap Mayor Jenderal TNI (Purn) Sulaiman Agusto Hambuako, Agusto adalah seorang purnawirawan TNI AD dari kecabangan Kavaleri. 

Setelah menempuh pendidikan di Akademi Militer pada tahun 1988, Agusto melanjutkan pelatihan dan pendidikan militer di berbagai lembaga, termasuk Suslapa 1, Suslapa 2, dan Lemhannas RI. Karier militernya yang cemerlang mencakup berbagai posisi strategis. Di antaranya, ia pernah menjabat sebagai Danyonkav 8/Narasinga Wiratama, Kapendam VII/Wirabuana, Danrem 102/Panju Panjung, Danrem 131/Santiago, Danpusenkav Kodiklatad serta Pangdam XII/Tanjungpura.

Sebelum pensiun, Mayjen Agusto terakhir kali menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Setjen Wantannas, dan sebelumnya sebagai Pa Sahli Tingkat III Kasad Bidang Ekkudag. Menariknya, Mayjen Agusto juga memiliki latar belakang sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada tahun 1983, yang menunjukkan dedikasinya sejak dini dalam pelayanan negara. Dengan rekam jejak yang solid dan pengalaman yang luas, Sulaiman Agusto diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan Sulawesi Tengah.

Berita terkait