Jokowi : Indonesia Diprediksi jadi Negara Superpower Ekonomi Baru Asia

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidatonya di acara Pembukaan BNI Investor Daily Summit 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024). (Foto: RRI/Tegar Haniv)

Jakarta,- Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia diprediksi bakal menjadi negara superpower ekonomi baru di Asia. Awalnya, ia menjelaskan saat ini terjadi pergeseran pertumbuhan ekonomi dari dunia barat menuju Asia.

Di Asia sendiri, diprediksi akan muncul tiga negara yang memiliki kekuatan ekonomi baru. Selain Indonesia, ada India dan China (Tiongkok).

“Karena kita tahu sekarang kita telah masuk ke abad Asia. Pergeseran dari barat menuju Asia growth pertumbuhan ekonomi juga bergerak ke Asia,” kata Presiden Jokowi dalam pidatonya saat menghadiri Pembukaan BNI Investor Daily Summit 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

“Diprediksi di asia nanti ada tiga kekuatan ekonomi baru. Super power ekonomi tiga negara yang diperkirakan India, China, dan Indonesia,” ujarnya.

Meskipun Indonesia berpotensi menjadi negara superpower ekonomi baru, Presiden mengingatkan masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Baik tantangan perlambatan ekonomi global hingga ketegangan geopolitik dunia.

“Kita tahu semua perlambatan ekonomi global yang diperkirakan masih di angka 2,7-2,8 persen, rata-rata. Patut kita syukuri Indonesia masih tumbuh di atas 5 persen growthnya,” ujarnya.

Berita terkait