Ditetapkan Destinasi Wisata Unggulan, Togean dan Taman Nasional Lore Lindu Masuk KSN

  • Whatsapp
Foto by Lia Beach - Togean Islands

REPORTER/EDITOR: YUNI RIDWAN/MOH. RIDWAN

 

Muat Lebih

KEPULAUAN Togean Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) dan Taman Nasional Role Lindu (TNLL) yang berada di Kabupaten Sigi dan Poso Provinsi Sulawesi Tengah saat ini masuk dalam kawasan Strategis Nasional (KSN), berdasarkan penetapan itu, maka kedua wilayah berbeda tersebut dijadikan sebagai Destinasi Wisata Unggulan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Destinasi Wisata unggulan ini diperkuat dengan regulasi pemerintah daerah melalui Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 35 tahun 2016 tentang Penetapan Destinasi Wisata Prioritas.

“Togean dan Taman Nasional Lore Lindu dipilih sebagai destinasi unggulan karena wilayah  itu telah masuk sebagai kawasan strategis Nasional serta kawasan strategis pariwisata,” beber Kepala Bidang pemasaran parawisata, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sulyeng, Syamsudin, Senin (20/2).

Karena Togean dan TNLL mendapat pengakuan dari Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sehingga kedua wilayah tersebut diberikan beberapa penghargaan dan pengakuan sebagai daerah wisata.

Indonesia-Tourism.com

Wilayah TNLL, khususnya Lembah Besoa Kecamatan Lore Tengah Kabupaten Poso, terdapat berbagai situs megalitikum tertua dan terunik di Indonesia. Di lembah tersebut, juga terdapat patung megalitikum Tadulako yang tidak berjauhan dengan Desa Doda, serta berbagai patung peninggalan zaman prasejarah lainnya di kawasan cagar budaya Pokekea.

“Hampir semua Desa di Lembah Besoa itu terdapat peninggalan berupa patung,”

Selain itu, tambah Syamsudin, saat ini pihaknya tengah menyusun perencanaan penetapan dua tempat wisata yang dimasukan dalam wisata unggulan Sulteng, yakni Danau Lindu dan Pulau Sambori Morowali.

Untuk mendukung akses transportasi menuju kelokasi tersebut, pemerintah terus berupaya melengkapi infarstruktur pendukung. ***

English Translate Klik here

Pos terkait

banner 580x60