Usia PAUD Adalah Usia Ortu dan Lingkungan

  • Whatsapp
banner 728x90
KUNKER DIRJEN PAUD KE MORUT

PENDIDIKAN Anak usia dini (PAUD), adalah pendidikan dasar yang harus didominasi orangtua dan lingkungannya. Olehnya, PAUD dapat semaksimal mungkin melibatan orangtua dan masyarakat kunci suksesnya. Hal ini berguna untuk mengantisipasi perkembangan yang begitu cepat dan mengatasi permasalahan pendidikan secara umum. Demikian dikatakan Arman Agung, MPd sebagai Kepala Balai Pendidikan Sulteng (17/04/2017) ketika berkunjung ke Kabupaten Morowali Utara.

Arman menyampaikan ketika anak memiliki masalah hampir rata orangtua menyalahkan sekolah. Padahal penanggungjawab pendidikan itu yang pertama adalah orangtua. Bagaimana peran orangtua terhadap anak-anaknya. Sementara Pilar pendidikan Tri Senta Ki Hajar Dewantara keluarga, sekolah dan masyarakat. Kolaborasi antara pihak keluarga dengan sekolah harus sejalan mencara solusi yang terbaik supaya anak didik bisa terarah.

Pondasi anak supaya lebih baik, yang utama peran orangtua. Maka potensi anak didik dapat akan lebih meningkat lagi dan berguna bagi nusa dan bangsa. Peran guru sangat penting, tidak hanya dalam mempengaruhi belajar anak didik di sekolah, tetapi juga dalam mempengaruhi masa depan anak.

Tokoh gurulah yang dapat memberikan inspirasi kepada anak-anak didik untuk meraih masa depannya. Arman juga mengingatkan kepada para guru, menghargai kreativitas anak, bersikap terbuka terhadap ide-ide anak, mengakui dan meghargai adanya perbedaan individual, bersikap menerima dan menunjang anak dan menyediakan pengalaman belajar yang berdiferensiasi, akunya.

Ketua panitia acara, Juber Habibu SPd MPd menyampaikan bahwa tujuan kegiatan untuk memberikan Bintek pada guru-guru PAUD di Kabupaten Morowali Utara serta tentang pelaksanaan pendidikan keluarga pada satuan Pendidikan. Juber mengharapkan dalam kegiatan ini terlaksananya pendidikan yang efektif, efisiensi, transparan dan akuntabel sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Dalam rangka mendukung terlaksananya tujuan tersebut, maka Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga menyediakan bantuan dana. Acara tersebut dihadiri Kadis Pendidikan dan kebudayaan Morut Jibrail Abd Kadir S.Sos,M.Si dan seluruh kepala sekolah TK PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK. **

Reporter: Pariaman tambunan 

Berita terkait