Masa Jabatan 52 Kepala Desa Hampir Berakhir

  • Whatsapp

DINAS Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah Morowali Utara mulai inventarisir kepala Desa yang masa jabatannya berakhir tahun ini.Jabatan politik itu berada di 52 Desa dalam lima wilayah Kecamatan di Kabupaten tersebut.

Kepala DPMD Morowali Utara Romelius Sapara mengatakan tahun sebelumnya 47 Desa serentak menggelar pemilihan kepala Desa di 10 Kecamatan. Secara keseluruhan, terdapat 122 Desa di Morowali Utara. “Sebanyak 52 kepala Desa masa jabatannya berakhir tahun depan,”ujar Romelius kepada Kaili Post, (30/5) lalu.

Dia menguraikan, di Kecamatan Lembob terdapat 11 Desa mulai dari Waopada,Wara’a, Tingkeao, Mora, Uluanso, Beteleme, Lemboroma, Lembo Baru serta Korobonde. Selanjutnya di Lembo Raya tercatat 9 Desa yakni Dolupa Karya, Po’ona, Pertumbea, Pentangoa, Jamor Jaya, Pa’awaru, Lembo Belala, Bintangor Mukti, serta Mandula.

Kemudian Desa Ganda- Ganda, Koya, Gililana, Tanaoge, Korolaki dan Korolama di Kecamatan Petasia. Sementara di Petasi Timur ada Bunta, Tompira dan Bungintimbe serta 7 Desa di Petasia Barat masing-masing Tiu, Tontowea, Togo Mulya, Moleono, One Pute, Ulu laa serta Tadaku Jaya.

Romolius menjelaskan, seperti pelaksanaan Pilkades sebelumnya, puluhan Desa tersebut akan melaksanakan pemilihan serentak.Terkait itu, dia belum memastikan karena tahapannya belum dimulai. Antara lain perubahan Perda tentang Pilkades serentak. “Sekarang masih inventarisir. Kita ingin pelaksanaan Pilkades serentak nanti berjalan tepat waktu,” ujarnya. **

reporter/biro morut: johnny inkiriwang/pariaman tambunan

Berita terkait