Masamba Targetkan 5 Kali Panen Setiap 2 Tahun

  • Whatsapp
banner 728x90

Poso,- SEBAGAI Lumbung padi di Kabupaten Poso, Desa Masamba Kecamatan Poso Pesisir, kini sedang bergiat dalam memaksimalkan potensi desanya. Untuk meningkatkan hasil padi yang menjadi tanaman favorit bagi warganya, Kepala Desa Masamba Ambo Sakka menggulirkan program panen padi 5 kali dalam 2 tahun. “Tanah kita ini luas, irigasi lumayan bagus, cuma memang terkadang lahan penjemuran bagi petani paska panen terhambat, jadi ini yang harus dipikirkan solusinya”, ujar Kades Masamba, Ambo Sakka.

Karena itu, Kades bersama warga Desa Masamba kini, sedang memikirkan kemungkinan untuk menambah 1 unit gedung penggilingan padi, termasuk sarana penjemuran pasi di desanya. “Kita sudah bicarakan dengan warga, dan selalu kita diskusikan dalam pertemuan informal di rumah-rumah warga”, kata Ambo Sakka kepada Kaili Post, baru-baru ini.

Kepala Desa dua periode itu menambahkan, untuk mewujudkan program ‘Panen Padi 5 kali dalam 2 Tahun,  ia mengajak segenap jajaran pemeritahannya bersama warga desa lainnya, untuk memaksimalkan pengelolaan DD dan ADD tahun 2017.

Diketahui, untuk mewujudkan pembangunan satu unit gudang penggilingan memang membutuhkan anggaran yang lumayan besar, bahkan diperkirakan menyedot anggaran sebesar persediaan dana desa.

Bayangkan, untuk pembebasan lahan saja, sudah bisa menelan anggaran berkisar Rp100 Juta, itu belum termasuk anggaran pembangunan gedung serta mesin penggiling padi yang di perkirakan akan menghabiskan anggaran Rp300 juta lebih. **

reporter/editor: darwis waru

Berita terkait