Mensos Optimis Kemiskinan Bisa Turun Satu Digit

  • Whatsapp
banner 728x90

KOTA PALU,- MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa optimistis angka kemiskinan bisa turun hingga satu digit atau dibawah 10 persen. Hal tersebut disampaikan  saat penutupan Rapat Koordinasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) se Sulawesi Tengah di Hotel Mercure Kota Palu Rabu (4/10/2017) pukul 10.00 Wita, dihadiri Wakil Bupati se Sulteng, Camat dan Lurah Sekota Palu, Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra Prov Sulteng Dr. Elim Somba, 173 peserta dan tamu undangan lainya.

Dalam kesempatanya Khofifah mengatakan bahwa optimisme  harus diiringi dengan sinergitas program pengentasan kemiskinan dengan program Pemerintah Pusat, kerja sama antara keduanya sangat dibutuhkan guna menyukseskan program pembangunan, baik di kawasan maupun nasional. Dengan harapan, upaya pengentasan kemiskinan menjadi lebih efektif dan efisien.Tidak bisa hanya mengandalkan APBN, harus juga ada penguatan dari APBD melalui program- program kreatif daerah.

Dia juga menambahkan, Pemerintah Pusat menggulirkan Bansos PKH kepada 6 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di tahun 2017 dan jumlahnya akan bertambah hingga 10 juta di tahun 2018. Apabila Pemerintah Daerah memiliki program yang “mirip” maka bisa disinergikan sehingga bisa memperluas jangkauan. Dengan demikian, masyarakat yang belum memperoleh bantuan sosial dapat tercover. Kemensos memiliki infrastruktur berupa basis data terpadu dan kartu keluarga sejahtera dengan fitur saving account dan e wallet. Pemda bisa pakai itu jadi tidak perlu buat sistem baru.

Lebih jauh Khofifah menambahkan pula, solusi lain untuk menurunkan angka kemiskinan adalah dengan perubahan Struktur Organisasi Tata Kelola (SOTK) yang menempatkan urusan sosial menjadi dinas tersendiri. Kebanyakan Pemda,  masih menggabungkan urusan sosial dengan urusan lainnya. Antara lain ketenagakerjaan, transmigrasi, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, kependudukan, serta catatan sipil.

Dengan berdiri sendiri Dinas Sosial mempunyai lebih “banyak energi” untuk mengatasi masalah-masalah sosial. Jika sebelumnya seluruh persoalan sosial daerah ditangani hanya 2-3 pejabat struktural dengan staff yang terbatas rata- rata 7 – 8 orang maka saat ini jumlahnya meningkat. “Masalah sosial tidak bisa dianggap sepele, karena mengemban tugas yang menjadi salah satu prioritas program nasional yaitu mengurangi kemiskinan sekaligus menurunkan gini ratio . Maka sudah seharusnya di daerah ada struktur dalam hal ini dinas sosial yang fokus menjalankan tugasnya. Tugas dan fungsinya Tidak dicampur-campur karena tidak akan cukup energinya. Makanya butuh komitmen kuat dari pemerintah daerah untuk efektifitas pencapaiannya,” ujarnya.

Setelah menutup Rakornas BPNT, Mensos bersama rombongan juga meresmikan e- warung gotong royong (e warong) ke -14 di Kelurahan Kawatuna, Kecamatan Mantikulore, Palu.

Dalam sambutannya, Khofifah mengatakan untuk memenuhi kebutuhan KPM di Kota Palu sedikitnya dibutuhkan 18 e – warong. Kota Palu sendiri masuk dalam rencana perluasan BPNT di 98 kota pada tahun 2018. Sebagaimana diketahui bahwa program BPNT yang saat ini menyasar 1,28 Juta KPM di 44 kota akan diperluas pada tahun 2018 menjadi 98 kota dan 118 kabupaten dengan sasaran sebanyak 10 juta KPM.**

Reporter: Firmansyah

Berita terkait