Universitas Tadulako Melepas Putra Putri Terbaik pada Wisuadawan Lulusan ke 98

  • Whatsapp
banner 728x90
Sumber: Humas Pemprov
Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Dr. Ir. Bunga Elim Somba, MSc, Asisten Administrasi Perekonomian memberikan sambutannya pada acara Wisuda Lulusan ke 98 Universitas Tadulako, Selasa, 20 Agustus 2019, di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, Kampus Bumi Tadulako Palu.
Pada kesempatan tersebut Gubernur Sulawesi Tengah mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati beserta keluarga atas keberhasilannya yang telah menamatkan studi pendidikan di perguruan tinggi Universitas Tadulako ini dan para pimpinan dan pengelola beserta seluruh civitas universitas tadulako.
Gubernur menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas penyelenggaraan wisuda sarjana dan pascasarjana ke-98, yang menciptakan 749 (tujuh ratus empat puluh sembilan) orang generasi-generasi intelektual, yang pada gilirannya menjadi akselerator penting dalam membangun Sulawesi Tengah yang maju, mandiri dan berdaya saing.
Lebih lanjut disampakannya menyandang status sarjana di tengah-tengah lingkungan yang dinamis dan kompleks di masyarakat, tentu saja membawa konsekuensi moral dan intelektualitas yang tidak ringan. Sebab di mata masyarakat awam, saudara dipandang mempunyai nilai lebih baik dari sisi keilmuan dan etika untuk dijadikan figur pedoman, pelopor dan tauladan yang mampu menggerak majukan masyarakat ke arah yang lebih baik.
Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, menaruh perhatian dan menempatkan pembangunan sumber daya manusia sebagai prioritas dalam mewujudkan visi Pembangunan Sulawesi Tengah yang maju, mandiri dan berdaya saing, yaitu pada misi meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dan berkepribadian kearifan lokal. Sehingga etika dan kedisiplinan, diyakini adalah faktor kunci yang menentukan perjalanan wisudawan-wisudawati, dalam mengarungi kehidupan di tengah masyarakat.
Diakhir sambutannya Gubernur Sulawesi Tengah berpesan, agar wisudawan sekalian mesti cakap dalam menerapkan keterampilan, agar bisa menjadi figur yang profesional di bidangnya, yang beretos kerja, mampu menangkap peluang-peluang dan mampu bersaing untuk berkarya, dan berproduktivitas sebagai berkah bagi bangsa dan negara, khususnya bagi Provinsi Sulawesi Tengah.
Sementara itu pesan almamater yang disampaikan oleh Rektor Universitas Tadulako Prof. Dr. Ir. H. Mahfudz, MP mengawali sambutannya memberikan selamat kepada Ketua Senat Untad terpilih periode 2019-2023 kepada Bapak Prof, Dr. Ir. Muhammad Basir, SE, MS dan dua guru besar yang hari ini akan diterima menjadi anggota dewan professor Universitas Tadulako antara lain, Prof. Dr. Nurdin Rahman, MSi, M.Kes, dalam bidang gizi pada fakultas Kesehatan Masyarakat, Prof Dr. Ir. Effendy, MSi bidang Ekonomi Pertanian pada Fakultas Pertanian. Sehingga dengan kehadiran guru besar tersebut maka total guru besar yang dimiliki Universitas Tadulako hingga saat ini berjumlah 46 orang.
Harapan kedepan pada usia Universitas Tadulako yang ke 38 akan terus melakukan pembenahan dan upaya peningkatan akreditasi program S-1, Sarjana, S-2 Magister, S-3 (Doktor) dimana untad juga telah mengupayakan alih jenjang diploma III ke program sarjana terapan yang diarahkan pada penerapan prinsip-prinsip keilmuan untuk keperluan praktis agar lulusan yang dihasilkan siap kerja dan dapat menjawab kebutuhan pasar.
Pada wisuda angkatan ke 98 ini yang mengambil tema “Meraih Sukses melalui SDM Unggul dan Kerja Keras Tiada Henti” Universitas Tadulako akan melepas putra putri terbaiknya sebagai wisudawan yang berjumlah 749 orang yang terdiri dari, program pasca sarjana 9 orang, Fakultas Kedokteran 29 orang, Fakultas Hukum 54 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 288 orang, Fakultas Ekonomi 47 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 115 orang, Fakultas Peternakan dan Perikanan 49 orang, Fakultas Teknik 20 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 38 orang, Fakultas Kesehatan Masyarakat 23 orang, Fakultas Kehutanan 19 orang, dan Fakultas Pertanian 58 orang.
Pada wisudawan kali ini terdapat beberapa orang wisudawan yang patut diteladani, terutama semangat dan spiritnya dalam berjuang menuntut ilmu, diantaranya adalah Dewi Salmita dari program Studi Akuntansi dengan IPK 4,00 predikat pujian, lulusan terbaik program pasca sarjana adalah Reynita Agnesia dari program studi Peternakan dengan IPK 3,94 dan sekaligus wisudawan dengan IPK tertinggi untuk program sarjana serta lulusan terbaik program Diploma adalah Irmawati dari program studi Keperawatan dengan IPK 3,79 dengan predikat sangat memuaskan.

Hadir pada kesempatan tersebut Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Dr. Bunga Elim Somba, MSc, unsur forkompimda Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Kapolda, Danrem 132 Tadulako, Kajati, Danlanal, Ketua Senat, Ketua Dewan Guru Besar, para Guru Besar, Pimpinan Fakultas Universitas Tadulako, para Dosen dan staf Administrasi dilingkup Universitas Tadulako.***

Berita terkait