Wagub Sulteng Kunjungi Banggai Laut

  • Whatsapp
banner 728x90

Dalam rangka Festival Seni Qasidah Rebana berskala besar ke VII tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang dipusatkan di Kabupaten Banggai Laut, Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Wakil Gubernur H. Rusli Baco Dg. Palabbi, S.Sos, SH, MH melakukan kunjungan kerja di daerah tersebut.

Rombongan Wakil Gubernur bertolak dari Pelabuhan Luwuk Banggai dengan menggunakan KM Rejeki Baru pada hari Selasa, 17 September 2019 jam 22.00 WITA dan tiba di Pelabuhan Banggai Laut keesokan paginya, sekitar pukul 07.00 WITA.

Wakil Gubernur, H. Rusli Dg. Palabbi bersama rombongan selanjutnya mendapat sambutan hangat dan diterima secara adat oleh Bupati Banggai Laut Drs. H. Wenny Bukamo dan Wakil Bupati Banggai Laut Dra. Hj. Tuty D Hamid serta pejabat terkait lainnya dan disambut dengan pengalungan sorban oleh duta pariwisata Banggai Laut, selanjutnya mendapatkan jamuan dikediaman Bupati Banggai Laut.

Siang harinya, bertempat di Rumah Jabatan Bupati Banggai Laut dilaksanakan Ta’aruf peserta festival seni qasidah rebana dari masing-masing kontingen se-Sulawesi Tengah yang secara resmi dikukuhkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusli Baco Dg Palabbi, S.Sos SH, MH berdasarkan SK gubernur no 458/370/Ro.Kesosmas-G.ST/2019 tentang susunan dewan juri dan panitia pelaksana yakni ;

Penasehat, Gubernur Sulawesi Tengah

Koordinator, Sekdaprov Sulteng, Kakanwil Kemenag Sulteng,

Ketua, Drs H Baharuddin HT, M.Si

Wakil Ketua. Kabag Keagamaan Ro. Adm. Kessosmas Setda Sulteng

Sekertaris, H. Lutfi Harun, SE

Wakil Sekretaris Kasubag Pembinaan Keagamaan Biro Adm. Kessosmas Setda Provinsi Sulawesi Tengah

Bendahara Ruhmina, AT, Yodjo, S.Sos

Wakil Bendahara Nirwana, SE, serta pembentukan koordinator dan anggota masing-masing bidang.

Bupati Banggai Laut Drs. H. Wenny Bukamo dalam sambutan selamat datang kepada Wakil Gubernur bersama rombongan serta kafilah Lasqi menyampaikan kegiatan ta’aruf yang dilaksanakan di Banggai Kepulauan untuk saling kenal mengenal.

Lebih lanjut Bupati H. Wenny  menyampaikan kapal laut yang berputar tiga kali sebelum rombongan Wakil Gubernur mendarat di Banggai Laut merupakan suatu bentuk kearifan lokal atas kunjungan tamu penting yang diagungkan.

Dikatakannya Wagub H. Rusli Baco Dg. Palabbi yang datang dapat dikatakan hanya pulang kampung karena yang bersangkutan berasal dari daerah tersebut.

Lebih lanjut dikatakannya, Kabupaten Banggai Laut memiliki 244 pulau. 200 pulau lainnya belum berpenghuni, sementara 95 persen luas areal Banggai Laut adalah lautan dan sisanya yang lima persen adalah darat.

“Atas nama pemerintah Banggai Laut saya ucapkan selamat datang kepada Wakil Gubernur serta seluruh kafilah se-Sulawesi Tengah, saya harap dengan fasilitas terbatas bapak/ibu dapat betah serta menikmati keramah tamahan kami,” pungkas Bupati H Drs. Wenny Bukamo

Sementara itu, Wakil Gubernur H. Rusli Baco Dg. Palabbi, S.Sos, SH, MH merasa seperti pulang kampung karena dirinya memang lahir di Banggai, besar di Kabupaten Luwuk dan memiliki keluarga besar di  Kabupaten Banggai, Bangkep dan Banggai Laut serta telah 30 tahun lebih berada di Kota Palu.

“Saya adalah anak desa dari kampung, Alhamdulillah mendapat kepercayaan sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sisa masa bakti 2016-2021 dan  Sebelumnya  menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah dari Dapil Donggala-Sigi selama dua priode,”;ujarnya.

Usai acara Ta’aruf dan pengukuhan dewan hakim, selanjutnya Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusli Baco Dg Palabbi S.Sos, SH, MH didampingi Bupati Banggai Laut Drs. H. Wenny Bukamo, Sekab Banggai Laut Idham Tompo serta Tim Humas dan Rumah Tangga Setdaprov Sulteng melakukan pemantauan ke Cold Storage Mato, DPRD Banggai Laut, Pelabuhan, Kantor Bupati serta sejumlah kantor OPD lainnya.

Sumber: Biro Humas Pemprov Sulteng

Berita terkait