Hijaukan Kampus, Mahasiswa Kehutanan Lakukan Kegiatan Penanaman Pohon

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Sabtu Pagi (22/02) puluhan Mahasiswa kehutanan didampingi beberapa dosen melakukan kegiatan penanaman untuk penghijauan di area kampus Universitas Tadulako.

Sebanyak kurang lebih 100 bibit pohon dengan varian 3 jenis yakni mahoni, trambesi dan glodokan siap ditanam pada kegiatan penghijauan kali ini.

Bibit sendiri didapatkan secara gratis dari BPDASHL Palu-Poso setelah sebelumnya menyurat untuk mendapatkan bibit pohon yang diinginkan.

Seperti diketahui pohon sendiri adalah salah satu sumber oksigen utama bagi manusia. Degradasi hutan yang dialami di Indonesia beberapa tahun terakhir menyebabkan terjadinya perubahan iklim dan kota Palu menjadi salah satu yang paling terdampak akibat perubahan itu.

Andi Muh. Fahruddin salah satu mahasiswa yang mengkoordinir kegiatan ini mengatakan, bahwa kegiatan penanaman ini dilakukan untuk menghijaukan area kampus khususnya disekitar area fakultas kehutanan.

“Jadi melalui kegiatan bakti lingkungan ini kita mengajak adik-adik angkatan 2019 untuk menanam bibit pohon bentuk dari rasa peduli terhadap lingkungan sebagai mahasiswa kehutanan,” lanjutnya.

Bapak Budi Setiawan, S.Pd, MP, salah satu Dosen yang hadir dalam kegiatan penanaman ini sangat mengapresiasi antusiasme dari adik-adik mahasiswa yang belum lama bergabung dengan fakultas kehutanan.

“Kegiatan seperti ini harus didukung, karena selain untuk penghijauan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan Rimbawan-rimbawan muda itu sebelum nantinya akan terjun ke lapangan,” ucap Budi.

Sebelumnya kegiatan penanaman ini telah intens dilakukan dilingkungan fakultas kehutanan, tetapi akibat terbatasnya pasokan air untuk menyiram, alhasil hanya beberapa saja yang mampu bertahan.

Olehnya, saat ini pihak fakultas telah menyediakan instalasi air yang cukup dan nantinya dapat menunjang berlangsungnya bibit-bibit pohon yang telah ditanam tadi.***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait