PKS Baru Rekom Tiga Kabupaten, Pilgub Belum

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulawesi Tengah (Sulteng) Muhammad Wahyudin mengatakan, baru tiga rekomendasi yang dikeluarkan PKS pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 di Sulteng yaitu Kabupaten Morowali Utara, Poso dan Banggai.

“Semua rekomendasi itu diberikan ke inkamben. Berapa Kabupaten belum, termasuk Kota Palu, karena semua belum ada yang daftarkan dengan pasangan,” jelas Muhammad Wahyudin, kepada Kailipost.com, saat ditemui disamping RS.Undata Palu, Senin (1/2).

Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur (Pilgub) Sulteng, hingga kini PKS belum memberikan dukungan rekomendasi kepada pasangan calon (Paslon). Rapat internal PKS Sulteng pun belum pernah dilakukan untuk membahas nama-nama kandidat Pilgub. Hal itu, disebabkan calon yang mendaftar ke PKS belum memenuhi syarat ketentuan untuk diajukan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS.

” Kandidat yang mendaftar, Fix pasangan dan Fix koalisinya baru bisa kita ajukan,” kata Wahyudin.

Ditambah, secara aturan partai, DPW PKS hanya bisa mengajukan permohonan rekomendasi ke DPP minimal ada dua pasangan calon yang sudah memenuhi koalisi.

Sementara, kata Wahyudin, sejauh ini, kandidat Pilgub yang telah mendaftarkan diri ke DPW PKS memiliki pasangan dan koalisi yaitu Rusdi Mastura – Ma’mun Amir.

“Pengajuan minimal dua pasangan, tidak bisa kita satu. Dari situ DPP yang menentukan. Kita hanya siapkan data dan persentasikan. Soal pemutusan kita tidak dilibatkan. Itu kewenangan DPP,” jelas dia

Wahyudin mengatakan, beberapa bakal calon pun sudah menyerahkan berkas pendaftaran, tetapi belum menyertakan Wakil, sehingga tidak bisa ditindaklanjut ke PKS Pusat, termasuk Anwar Hafid.

“Anwar Hafid memang juga sudah daftar tetapi waktu itu belum memasukan pasangan. Saat ini kita minta kepastian Wakil,” jelas Wahyudin.

Begitu juga Hidayat Lamakarate, baru memberikan surat lamaran sebagai bakal calon Gubernur ke PKS Sulteng. Melampirkan Curikulum vitae dan hasil Survei per Desember 2019. Tetapi belum memastikan Wakil.

“Maret ini pasti sudah jelas, siapa pasangan yang akan kita ajukan,” tutur Wahyudin.

Di Pilgub Sulteng, PKS memiliki tawaran kader untuk maju sebagai Wakil yaitu Akbar Zulfakar dan Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS Mahmud Yunus.

” Kita tawar-tawarkan dari PKS, tapi ini kan dinamis,” kata Wahyudin.***

Reportase: Supardi

Berita terkait