RS Bhyangkara Belum Siap Menanggani Virus Korona

  • Whatsapp
Foto: Indra kailipost/ist

Palu,- Melalui Surat Edaran Gubernur Nomor: 443/141/DIS.KES tentang pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19 di Sulawesi Tengah, dalam poin ke-17 terdapat 12 Rumah Sakit (RS) yang akan menjadi rujukan pasien Covid-19 di wilayah Sulawesi Tengah.

Adapun 12 RS tersebut yaitu Yakni RSUD Undata Palu, RSUD Luwuk Kab. Banggai, RSU Mokopido Toli-toli, RSUD Kolonedale, RSU Anutapura Palu, RSUD madani Prov. Sulteng, RSU Wirabuana Palu, RSU Bhayangkara Palu, RSU Alkhaairat Sis Aljufri Palu, RSU Samaritan, RSU Budi Agung Palu dan RSU Word Ward Palu.

Bacaan Lainnya

banner 300x90

Pada Selasa (24/03) malam, reporter Kailipost mencoba mengecek kesiapan salah satu RS yang telah ditetapkan Gubernur untuk menjadi rujukan dari pasien Covid-19 yakni, RSU Bhayangkara Palu. “RSU Bhayangkara Palu saat ini belum siap untuk merawat pasien Covid-19. RSU Bhayangkara saat ini juga belum memiliki ruang isolasi dan juga rapid test untuk pasien Covid-19, jadi belum bisa menangani kasus tersebut,” kata Milka Datu, selaku Dokter UGD saat ditemui Kailipost.

Milka, mengungkapkan pasien yang menunjukkan gejala Covid-19 di RS ini, akan segera dirujuk ke RS di Kota Palu yang lebih siap. “Jika pasien menunjukkan gejala virus korona, akan segera kami rujuk ke RS Undata atau RSU Anutapura, karena disana sudah terdapat ruang isolasi dan fasilitas lebih mendukung,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa benar RSU Bhayangkara Palu menjadi RS rujukan berdasarkan Surat Edaran Gubernur. “Tetapi, karena alhamdulillah sampai saat ini belum ada kasus positif di Sulteng, jadi RS pasien Covid-19 yang diprioritaskan baru beberapa,” pungkasnya.

Sedangkan, jika tidak diminta-minta pasien banyak, maka nantinya semua RS di Sulteng akan menjadi RS rujukan, seperti yang di alami di Yogyakarta sekarang ini, ujarnya. ***

Reporter: Indra Setiawan

Pos terkait

banner 580x60