Berita Malam: Gempa Guncang Donggala (M) 3,4 dan Poso (M) 2,5

  • Whatsapp
Lokasi pusat gempa Kabupaten Donggala (kiri) dan Kabupaten Poso (kanan). Foto : BMKG STAGEOF Palu
banner 728x90

Sulteng,- Dini hari wilayah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali diguncang gempa, Selasa (28/04/2020). Hingga pukul 03.00 WITA, setidaknya sudah dua kali terkonfirmasi gempa pada wilayah yang berbeda yakni di Kabupaten Donggala dan Kabupaten Poso.

Gempa pertama terjadi Kabupaten Donggala, sekitar pukul 01.20 WITA. Dengan berkekuatan Magnitudo 3,4 SR, berlokasi di koordinat 0.67 Lintang Selatan (LS) dan 119.87 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa tersebut berada 3 km arah timur Wani, berada di kedalaman 5 km dan termaksud kategori gempa darat serta dirasakan skala MMI II di Palu dan Parigi.

Yang kedua gempa terjadi di Kabupaten Poso, sekitar pukul 02.31 WITA. Dengan berkekuatan Magnitudo 2,5 SR, berlokasi di koordinat 1.34 Lintang Selatan (LS) dan 120.51 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa kedua tersebut berada 19 km arah selatan Tambarana, berada di kedalaman 5 km dan termaksud kategori gempa darat.

Belum dapat dipastikan dua gempa tersebut saling berkaitan atau tidak, menunggu konfirmasi lebih lanjut dari BMKG.

Kedua gempa yang terkonfirmasi dipastikan tidak berpotensi tsunami. Hingga berita ini diterbitkan pihak BMKG belum merilis laporan lebih lanjut mengenai dampak yang ditimbulkan gempa.

Informasi mengenai gempa tersebut dikutip Redaksi kailipost.com dari Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Palu.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari BMKG. Jangan terpancing dengan isu berita yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa dan tsunami. Dan tetap waspada dengan adanya potensi gempa susulan. ***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait