Berita Malam: Tangani Pasien Covid-19, Sulteng Siapkan 22 RS

  • Whatsapp
Foto: ist
banner 728x90

Palu,- Tangani Pasien Covid-19 atau Virus Korona, Sulawesi Tengah (Sulteng) menyiapkan 22 Rumah Sakit (RS) dari 39 rumah sakit yang tersebar di Sulteng.

“22 rumah sakit telah dinyatakan siap melayani pasien Covid-19, dimana mencakup RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah), RS TNI/Polri dan RS swasta,” kata Kadis Kesehatan Provinsi Sulteng dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK, M.Kes, Kamis (16/4/20).

Terkait ketersediaan tenaga medis dan fasilitas pendukung, kata Dia, saat ini jumlah dokter ahli penyakit dalam yang menangani mencapai 52 orang, lalu dokter ahli paru 3 orang dan perawat 6.431 orang. Dan fasilitas berupa tempat tidur isolasi mencapai 348 unit dan ventilator (alat bantu nafas) 86 unit.

“Untuk APD (Alat Pengaman Diri) dan masker, hasil bantuan Kementerian Kesehatan RI yang telah terdistribusi sampai tahap 3 atau saat ini telah mencapai 8.000 APD dan 12.000 masker,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Dia, tahap 1 dan 2 sudah dibagi secara merata ke semua rumah sakit kelas C, sedangkan untuk tahap 3 dibagi berdasarkan laporan yang diinput (RS) dari Sistem Informasi Rumah Sakit secara online.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada gubernur, walikota dan Bupati Se-Sulteng yang telah menyiapkan rumah sakitnya sebagai tempat pelayanan terhadap pasien-pasien virus Korona,” pungkasnya. ***

Editor: Yohanes Clemens

Berita terkait