Berita Pagi: DPRD Donggala Mengelar Rapat Paripurna Pertama Masa Sidang Ke-II Tahun 2020

  • Whatsapp
DPRD Donggala Mengelar Rapat Paripurna Pertama Penyampaian Pidato LKPJ Tahun 2019 diruang Sidang Utama Kantor DPRD Donggala Kamis (14/05/2020)./foto: Humas DPRD Donggala
banner 728x90

Donggala,- Rapat Paripurna pertama DPRD Donggala mengagendakan Penyampaian Pidato Terhadap Penjelasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Donggala (LKPJ) Tahun 2019 diruang Sidang Utama Kantor DPRD Donggala,  Kamis (14/05/2020).

Meskipun dalam masa pandemic, namun tidak membatalkan agenda Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Donggala dalam menjalankan tugas. Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Donggala Takwin, S. Sos. I dan didampingi oleh Wakil Ketua I Sahlan dan Wakil Ketua II Asis Rauf serta anggota DPRD Donggala.

Bacaan Lainnya

Pada Rapat Paripurna ini, Drs. Kasman Lassa, SH. MH sebagai Bupati Donggala menyampaikan Pidato Terhadap Penjelasan LPJ tahun 2019 melalui Aplikasi Zoom dari ruang kerjanya.

Dalam pidatonya Bupati Donggala menyampaikan laporan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Donggala berdasarkan data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Indikator kinerja lainnya yang terkait dengan besaran Produk Domestik Regional Bruto berupa PDRB per Kapita dan penunjang Tingkat Pertumbuhan Ekonomi lainnya.

“PDRB Kabupaten Donggala tahun 2018 atas dasar harga berlaku mencapai 1,3 triliyun rupiah. Sumbangan terbesar terhadap besaran ini berasal dari tiga Sektor Ekonomi yakni Sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan,” tuturnya.

Perekonomian Kabupaten Donggala pada tahun 2018 mengalami percepatan dibandingkan pertumbuhan tahun-tahun sebelumnya, laju pertumbuhan PDRB Donggala tahun 2018 dibanding tahun 2019 mencapai 5,10%.

IPM Kabupaten Donggala dalam tiga tahun terakhir menunjukkan trend yang fluktuatif. Dimana terjadi peningkatan IPM pada tahun 2017, dilanjutkan dengan penurunan pada tahun 2018, kemudian meningkat kembali pada tahun 2019. Peningkatan pada tahun 2019 menunjukkan Pemerintah Daerah dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sementara itu, penurunan pada tahun 2018 dipengaruhi oleh bencana alam yang menimpa Kabupaten Donggala diakhir bulan September. Bencana tersebut mempengaruhi banyak Sektor dalam kehidupan masyarakat yang secara langsung mempengaruhi kualitas hidup masyarakat.

“Dengan berbagai Program yang diberikan oleh Pemerintah untuk masyarakat dalam rangka pemulihan pasca bencana alam, kualitas hidup masyarakat secara perlahan kembali meningkat, hal tersebut dapat dilihat melalui IPM diakhir tahun 2019 yang mengalami peningkatan sebanyak 35 point”, ungkap kasman lassa.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemda Donggala telah menindaklanjuti Rekomendasi DPRD yang telah disampaikan melalui keputusan DPRD Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Rekomendasi DPRD Kabupaten Donggala terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Donggala Tahun 2019.

“Saya dan seluruh jajaran menyadari benar apa yang telah dilaksanakan dalam Program pembangunan selama Tahun Anggaran 2019, disamping berbagai keberhasilan yang dicapai, sesungguhnya masih terdapat beberapa kekurangan dan kelemahan,” ujarnya.

Olehnya dukungan DPRD Kabupaten Donggala sebagai mitra kerja, yang telah banyak memberikan sumbangsih berupa pokok-pokok pikiran, saran dan kritik, Pemda bertekat untuk membenahi dan menangani berbagai permasalahan yang belum rampung menjadi Program/Kegiatan Prioritas pada masa yang akan datang, tutupnya.***

Reporter: Syamsir Hasan  

banner 300x90

Pos terkait

banner 580x60