Sepekan Terakhir, 31 Kali Gempa Guncang Sulteng

  • Whatsapp
banner 728x90

Sulteng,- Badan Mateorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Geofisika (Stageof) Kelas I Palu merilis data seismisitas wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) dan sekitarnya pertanggal 17 sampai 23 Juli tahun 2020.

Dalam sepekan terakhir, BMKG Stageof Palu menguraikan setidaknya sebanyak 31 kali gempa bumi telah terjadi di penjuru wilayah Sulteng dan sekitarnya.

Menurut data BMKG, berdasarkan distribusi lokasi kejadian, terjadi gempa bumi di Sesar Palu-koro 4 kejadian, Sesar Matano 11, Teluk Tolo 3, Teluk Tomini 3 dan Sesar Balantak 1.

Selanjutnya, pada arah Barat Topa 1 Kejadian, Sesar Melei dan sekitarnya 4, Sesar Weluki 1, arah Utara dan Selatan Ampana 2 serta arah Timur Laut Bunta 1 Kejadian.

“Dari 31 kali gempa, terdapat sebuah kejadian gempa bumi signifikan dengan kekuatan Magnitudo (M) 4,1 terjadi pada tanggal 23 Juli 2020 pukul 23.03 WITA dengan intensitas guncangan dirasakan oleh masyarakat III MMI di Nuha dan II-III MMI di Malili yang merupakan aktivitas sesar Matano,” sebut BMKG, Jumat (24/07).

Meski dirasakan skala III MMI, gempa signifikan tersebut diketahui tidak menimbulkan kerusakan baik fasilitas umum ataupun korban jiwa. ***

Reportase: Indra Setiawan

Berita terkait