Pemprov Sulteng Sembelih 166 Ekor Hewan Kurban

banner 728x90

Palu,- Dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha 1441 H, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 166 ekor yang dipusatkan di kantor Gubernur Sulteng, Sabtu (01/08).

Adapun rincian hewan kurban tersebut mencakup 159 ekor sapi, 6 ekor kambing dan 1 ekor domba. Dimana 1 ekor sapi berasal dari sumbangan Presiden RI, 19 ekor sapi dari Gubernur Sulteng dan 1 ekor sapi dari Wakil Gubernur Sulteng.

Berita Lainnya

Kemudian, 1 ekor sapi dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulteng dan 4 ekor sapi dari Sekdaprov Sulteng serta 120 ekor sapi dari Dinas/Badan Pemerintah Daerah Provinsi Sulteng.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulteng Longki Djanggola menyampaikan apresiasi kepada OPD dan Biro serta para penyumbang hewan kurban. Dimana penyembelihan hewan kurban setiap tahun sudah menjadi kewajiban bagi yang mampu.

“Dihari raya Raya Idul Adha merupakan kesempatan untuk merelakan sebagian harta yang dimiliki sebagai realisasi ketaatan pada perintah Allah SWT,” sebut Longki.

Ibadah kurban, lanjut Gubernur juga merupakan salah satu cara agar umat muslim untuk selalu berjiwa sosial antar sesamanya, yang intinya adalah selalu berbagi rezeki seperti yang dilakukan saat ini untuk berbagi daging kurban kepada mereka yang kurang mampu.

Dengan terwujudnya solidaritas sosial yang tangguh, kata Longki, maka akan mampu meredam dan meminimalisir berbagai gejolak kecemburuan sosial, sebab kecemburuan itu muncul ketika kita tidak peduli atau kurang memperhatikan kebutuhan umat yang sedang dilanda musibah dan kekurangan materi dengan adanya Covid-19 ini.

“Untuk itu, janganlah kita melihat penyembelihan hewan kurban secara lahiriyah saja, akan tetapi jauh di balik itu semua adalah hikmah yang terkandung di dalamnya, kita sebagai ASN yang merupakan abdi negara dan abdi masyarakat sudah seharusnya menjadi contoh dan panutan bagi masyarakat lainnya di mana kita berada,” kata Gubernur.

Gubernur Longki berharap Hari Raya Kurban 1441 H ini dijadikan momen sebagai koreksi untuk lebih mendekatkan diri serta meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Usai sambutan dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban secara simbolis kepada pengurus Masjid Darul Arqam, beberapa lembaga kesejahteraan sosial panti asuhan, fakir miskin dan kaum duafa serta cleaning service dan PHL lingkup Kantor Gubernur Sulteng. ***

Sumber: Humpro Pemprov Sulteng

banner 300x90

Pos terkait

banner 580x60