Warga Tawaeli Ingin Miliki Perguruan Tinggi

Sekda Provinsi Sulteng Moh. Hidayat Lamakarate, Wali Kota Hidayat/ft:Ist

Palu,- Keinginan memiliki sebuah lembaga Perguruan Tinggi di Kecamatan Tawaeli yang telah lama didambakan masyarakat akhirnya terjawab saat acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-470 Kecamatan Tawaeli, Minggu (02/08) malam.

Kegiatan yang digagas Forum Komunikasi Peduli Tavaili (FKPT) turut dihadiri Sekda Provinsi Sulteng Moh. Hidayat Lamakarate, Wali Kota Hidayat, pejabat OPD Provinsi dan Kota, Forkopicam, tokoh masyarakat dan adat Tawaeli serta mantan Wali Kota H. Rusdi Mastura.

Menurut Farid Yotolembah, selaku ketua panitia, dengan adanya lembaga itu akan mendorong animo generasi muda Tawaeli melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi.

Ditambah lagi, kata Kepala Badan Pendapatan Kota Palu itu banyak mahasiswa asal Pantai Barat dan Pantai Timur yang harus jauh berkuliah sampai ke Palu padahal mereka punya keluarga di Tawaeli.

Terkait itu, Sekda Moh. Hidayat Lamakarate mengapresiasi keinginan dan semangat masyarakat Tawaeli yang tinggi guna memoles SDMnya.

Ia pun mengafirmasi bahwa Tawaeli adalah salah satu wilayah dengan potensi SDM yang telah banyak melahirkan birokrat publik, baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota.  

“Ada 11 jumlah pejabat struktural Provinsi dari kecamatan Tawaeli,” Sebut Sekda.

Dengan mempertimbangkan KEK Palu yang ada di Tawaeli maka ia condong memilih lembaga pendidikan berbasis vokasi untuk didirikan agar lulusannya dapat langsung diserap oleh industri.

“Mari kita sama-sama benahi kecamatan kita dan wujudkan cita-cita itu dengan memastikan lahirnya generasi baru untuk mengisi ruang-ruang pembangunan yang ditinggalkan orangtua kita,” dorongnya mengajak masyarakat.

Sekda pun berharap, semoga Tawaeli terus berkembang maju sebagai kecamatan terdepan di Sulteng.***

Sumber: Humas Pemprov Sulteng

banner 300x90

Pos terkait

banner 580x60