Chocolate and Coffe Expo 2020, Resmi Dibuka

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Plh. Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulteng, Mulyono membuka secara resmi ‘Chocolate and Coffe Expo 2020’ yang dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulteng yang dilaksanakan mulai tanggal 11 hingga 13 September 2020, yang bertempat di Palu Grand Mall (PGM), Jumat (11/09/2020).

Dalam kesempatan itu, PLH Sekdaprov Mulyono menyampaikan, bahwa iven tersebut sebagai salah satu upaya mendorong pemulihan ekonomi khususnya disektor IKM cokelat dan kopi Sulteng yang turut terpapar dampak pandemi Covid-19.

Ia pun mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Disperindag Provinsi Sulteng beserta mitra kerjanya atas terselenggaranya kegiatan sebagai sarana strategis dalam memasarkan produk-produk IKM ke masyarakat khususnya pengunjung PGM dengan tetap mempedomani protokol kesehatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindag Sulteng, Richard A. Djanggola mengatakan, salah satu bentuk dukungan Pemprov Sulteng dalam hal pengembangan potensi kakao dan kopi di Indonesia yaitu dengan meningkatkan nilai tambahnya.

“Khusus untuk kakao sendiri di Disperindag Provinsi Sulteng sudah ada UPT Rumah Cokelat yang menyediakan cokelat premium yang diolah dari biji kakao fermentasi asli dari Sulteng, cokelat premium ini dapat diolah menjadi berbagai diversifikasi produk olahan cokelat seperti cokelat bar, praline, minuman, dan lain sebagainya,” ujar Richard.

Sedangkan untuk biji kopi sendiri, sebut Kadis, daerah Sulteng juga memiliki berbagai macam aneka biji kopi dari berbagai daerah yang mempunyai kualitas yang tidak kalah bagus dari daerah lain.

Ia pun menghimbau kepada para pelaku usaha yang bergerak dibidang cokelat dan kopi untuk menggunakan produk-produk lokal sehingga nantinya produk tersebut menjadi salah satu produk unggulan Sulteng yang berdaya saing ditingkat regional maupun global.

Terakhir Ia berharap pameran tematik cokelat dan kopi expo 2020 dapat membawa warna baru atau semangat baru bagi para pelaku usaha cokelat dan kopi dalam mengembangkan produk-produknya dimasa pandemi Covid-19, dan menjadi agenda tahunan Pemprov Sulteng dalam mempromosikan salah satu komoditas/produk unggulannya melalui Disperindag Sulteng.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu IKM coklat dan kopi dalam mempromosikan produk-produk penjualannya sehingga dapat bersaing secara lokal dan nasionak,” tutup Kadis.***

Sumber: Humas Pemprov Sulteng

Berita terkait