Gempa M 7 Guncang Negeri Para Dewa, 4 Dilaporkan Tewas di Turki

  • Whatsapp
banner 728x90

TURKI-YUNANI,- Gempa bumi dengan magnitudo (M) 7,0 terjadi di Turki dan Yunani. Pusat gempa besar tersebut diketahui berada di 16 km timur Neon Karlovasion-Yunani.

European Mediterranean Seismological Centre (EMSC) melaporkan gempa terjadi pada Jum’at (30/10/2020) sekitar pukul 19:51 WITA, dengan episentrum kedalaman 5 km dari permukaan bumi.

Pantauan kailipost.com di berbagai platform media sosial (Medsos) menunjukkan beberapa bangunan gedung yang roboh dan jalan raya rusak parah. Laporan korban sementara yakni 4 orang tewas dan 120 lainnya luka-luka di pulau Samos Yunani sebagaimana diwartakan kompas.com.

“Sayangnya 4 warga kami tewas saat gempa di Izmir, total 120 lainnya luka-luka, 38 ambulans, 2 helikopter ambulans, dan 35 staf medis sudah dikerahkan ke Izmir. Kami mendukung rakyat Izmir dan berduka atas bencana ini,” ujar Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca di Twitter.

Gempa tersebut juga memicu tsunami kecil di Seferihisar, kata Huseyin Alan kepala Teknisi Geologi Turki kepada kantor berita negara TRT seraya memperingatkan agar orang-orang menjauh dari gedung.

Foto-foto di media sosial dalam pantauan media ini juga menunjukkan air menggenangi jalanan Izmir karena gelombang tsunami dari laut yang telah menuju daratan.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berkicau di Twitter bahwa dia siap membantu “dengan semua sarana yang tersedia untuk negara kita.”

Sementara, di Yunani saat ini belum melaporkan adanya korban jiwa. Media Yunani yang dikutip Al Jazeera melaporkan, penduduk Samos dan pulau-pulau lainnya langsung keluar rumah dan batu-batuan berjatuhan.

Reporter: Indra Setiawan

Sumber: Kompas.com

Berita terkait