Masyarakat Apresiasi, Rusdy-Ma’mun Siapkan Konsep Pembangkit Listrik Tenaga Arus

  • Whatsapp
banner 728x90

Banggai Laut,- Ma’mun Amir Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), dalam safari politiknya di Kecamatan Banggai Selatan, Kabupaten Banggai Laut. Memaparkan gagasannya membangun pembangkit listrik tenaga arus laut dengan 10 turbin pembangkit yang diharapkan akan menghasilkan 20 MW.

“Pembangkit listrik ini bersumber dari turbin di kaki jembatan, yang menghubungkan dua kabupaten Banggai Laut dan Banggai Kepulauan. Jembatan itu menggunakan 10 kaki jembatan, yang memiliki fungsi sebagai pembangkit listrik tenaga arus, satu kakinya bisa menghasilkan 2 MW,” jelas Ma’mun, Jum’at (16/10/2020) di Banggai Laut.

Menurut Ridwan salah satu tokoh masyarakat Desa Gonggong, Kecamatan Banggai Tengah. Gagasan pembangkit listrik tenaga arus ini ide yang sangat bagus, beliau bersama masyarakat sangat mengapresiasi dan mendukung pembangunan jembatan penghubung dua kabupaten ini. Sehingga mobilisasi masyarakat dan perekonomiannya akan ada perubahan.

“Insyallah jika nantinya hasil penelitian dan pengkajian kekuatan arus itu memungkinkan, kita akan laksanakan pemasangan turbin itu. Sehingga kebutuhan listrik di Kabupaten Banggai Kepulauan dan Banggai Laut akan dapat diselesaikan,” tutur Ma’mun.

Rasio desa berlistrik di Kabupaten Banggai Laut memang baru mencapai 66,67 persen yang sudah teraliri listrik. Menghadirkan listrik di daerah Banggai laut terlebih di kepulauan-kepulauan yang ada menjadi tantangan karena daerah ini jauh dari pusat kota Luwuk yang memiliki sumber listrik.

“Di Kabupaten Banggai Laut memang masih ada desa-desa yang belum teraliri listrik, ada yang masih 18 jam dan sudah ada yang teraliri sampai 24 jam,” tutur Ridwan.

Menurut Ma’mun Amir Listrik ini menjadi persoalan yang penting karena sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Karena listrik ini dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Sehingga ini nantinya bersama pak Rusdy akan menjadi suatu permasalahan yang harus diperjuangkan dan diselesaikan.

“Kalau listrik itu adakan masyarakat bisa membuka usaha kecil menengah, sehingga perekonomian masyarakat itu dapat terbantu dan meningkat,” imbuh Ma’mun.*** (Red)

Berita terkait