Gempa Kedua Guncang Palasa (Sulteng) Hari ini, Bermagnitudo 4,4

  • Whatsapp
banner 728x90

Parimo,- Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Sebelumnya, pada Sabtu (27/11/2020) pukul 07:41 WITA kabupaten Parimo diguncang gempa bermagnitudo (M) 3,8. Kemudian malam ini pukul 22.14 WITA kembali diguncang dengan kekuatan M 4,4.

Informasi yang dikutip langsung dari Badan Mateorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika (Stageof) Palu menyebutkan gempa di darat akibat aktivitas seismik sesar lokal terjadi sekitar 15 km arah utara Palasa, Parimo.

Diketahui, gempa tersebut berada di kedalaman 6 km, pada koordinat 0.60 Lintang Utara (LU) dan 120.36 Bujur Timur (BT). Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam kategori gempa sedang karena kedalamannya berada lebih dari 60 km dari permukaan bumi.

Gempa dirasakan skala III MMI di Parigi. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Hingga berita ini diterbitkan pihak BMKG belum merilis laporan lebih lanjut mengenai dampak yang telah ditimbulkan gempa.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari BMKG. Tidak terpancing isu berita yang tidak bertanggung jawab serta tetap waspada dengan adanya potensi gempa susulan.***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait