Wagub Dampingi Kepala BNPB ke Huntap Buddha Tzu Chi Tondo

  • Whatsapp

Palu,- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo bersama rombongan didampingi Wakil Gubernur Sulteng, Rusli Dg. Palabbi, melakukan kunjungan ke lokasi Huntap Budha Tzu Chi di Kelurahan Tondo, Selasa (10/11/2020).

Rombongan kepala BNPB dan Wakil Gubernur diterima perwakilan Buddha Tzu Chi sekaligus menjelaskan progres pembangunan di Huntap Tondo. Dalam keterangannya bangunan perumahan cinta kasih tondo terdiri dari 30 blok, dengan ruas areal huntap 45 Ha, setiap blok berkapasitas 44 unit sampai 78 unit rumah, dengan total unit rumah 1.500 dengan fasilitas balai warga, sekolah, ruang terbuka hijau dan tempat ibadah.

Setiap unit rumah memiliki luas 36 + m2/luas tanah 150m2 yang terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 dapur, 1 kamar mandi, 1 unit ranjang (tipe 160×200), 1 unit ranjang susun, 1 unit meja makan, 4 kursi lipat dan 3 unit krei

Menurut perwakilan Budha Tzu Chi verifikasi dan survey calon warga melalui beberapa tahapan yakni; 1. Menerima data calon warga berdasarkan SK Walikota, 2. Pengecekan dan penyusunan data oleh tim verifikasi, 3. Verifikasi dan wawancara calon warga, 4. Penyortiran data warga dan menetapkan data berdasarkan indikator prioritas, 5. Survey calon warga ke hunian sementara, 6. Meeting internal tim verifikasi, 7. Penyerahan data veifikasi Tzu Chi ke BPBD Kota Palu, 8. Asesmen data calon warga oleh BPBD dengan metode citra satelit dalam penentuan legalitas lahan dan yang terakhir penyerahan dan penetapan data calon warga pasca asesmen ke tim verifikasi.

Lebih lanjut, perwakilan Budha Tzu Chi menjelaskan skema rehabilitasi calon warga melalui beberapa tahapan yakni; 1. Penyortiran data calon data warga berdasarkan prioritas assesmen, 2. Penandatanganan kesepakatan bersama antara warga, Tzu Chi dan BPBD, 3. Pengundian nomor unit blok rumah, 4. Pengecekan kelengkapan dokumen calon warga, 5. Penetapan dan penyampaian data calon warga ke BPBD, 6. Penandatanganan berita acara serah terima, 7 Penyerahan kunci, 8. Relokasi warga ke perumahan cinta kasih Tzi Chi Tadulako dan yang terakhir Pendampingan dan pemberdayaan warga.

“Pada tahun 2020 telah dilaksanakan penandatanganan perjanjiana dan pengundian calon warga yakni tahap pertama tanggal 11-12 Januari 2020 sebanyak 550 kk dan tahap II pada tanggal 14-15 Maret 2020 sebanyak 496 kk dan tahap III pada tanggal 23-24 Oktober sebanyak 321 kk,” jelas perwakilan Buddha Tzu Chi.

Kepala BNPB Letjend TNI Doni Monardo dalam kesempatan itu, memberikan apresiasi kepada Buddha Tzu Chi yang telah membantu pemerintah membangunkan perumahan dan fasilitas bagi masyarakat yang terdampak bencana terutama di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

“Demikian pula halnya dengan manajemen yang diatur sedetail mungkin sehingga tidak terjadi kesalahan. Fasilitas dalam satu unit rumah itu sudah memadai yakni 2 kamar tidur, 1 ruang tamu/ruang keluarga, 1 dapur dan 1 kamar mandi ditambah lagi tanah kosong. Sehingga dengan luas tanah 150 m persegi dapat menjadi rumah tumbuh,” jelas Kepala BNPB.

Dirinya mengakui masih ada beberapa kendala yang dihadapi yakni kondisi air yang belum sepenuhnya terdistribusi dengan baik, demikian pula dengan PLN, serta beberapa lokasi lahan yang masih dalam proses sengketa. Akan tetapi pihaknya telah mencarikan solusi dari beberapa persoalan dimaksud.

Lebih lanjut, Kepala BNPB Letjend Doni Monardo mengakui pemerintah pusat telah menggulirkan anggaran senilai 1,9 Triliun pada bulan Oktober 2019 ke pemerintah kabupaten/kota sebagai dana stimulan perbaikan rumah rusak ringan, sedang dan berat.***

Sumber: Biro Humas Pemprov

Berita terkait