Dua Tahun Terlunta, Penyintas Harap Dapat Huntap di 2021

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Pergantian tahun merupakan momen yang sangat dinantikan oleh sebagian masyarakat Biasanya pergantian tahun akan dirayakan dengan berbagai macam cara, dan yang paling populer adalah pesta kembang api.

Namun, selain dirayakan dengan suka cita, tahun baru juga identik dengan resolusi atau harapan baru. Begitu pula Penyintas bencana gempa bumi dan likuifaksi di Huntara Petobo. Mereka berharap tahun 2021 semua Penyintas telah mendapatkan Hunian yang lebih layak yakni Hunian Tetap (Huntap).

Seperti yang diharapkan salah satu Penyintas Huntara Petobo, Rosna (48). Ia berharap di tahun 2021 kehidupannya bisa lebih baik dengan mendapatkan bantuan Huntap serta mendapatkan lapangan pekerjaan yang tetap.

“Sebenarnya harapan saya dari tahun lalu dan tahun ini masih sama, kalau bisa tahun depan kita sudah pindah ke Huntap. Karena memang kita disini dijanjikan pindah ke Huntap tahun 2021 dan semoga saja itu benar-benar terjadi,” ujar Rosna, Jum’at (25/12/2020).

Selain itu, Rosna juga berharap agar kiranya pemerintah bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang kehilngan pekerjaannya akibat pendemi Covid-19 ini. Karena hingga saat ini ia dan keluarga memang memang belum mendapatkan pekerjaan tetap mengingat masih kurang dan terbatasnya lapangan pekerjaan.

Demikian pula yang diharapkan Penyintas lainnya, Fatma (36). Di tahun 2021 dirinya berserta keluarga sangat menaruh harapan kepada pemerintah yang baru saja terpilih di Pilkada 2020, untuk kiranya bisa lebih memperhatikan Penyintas dan juga membantu mereka dalam merubah keadaan ekonomi.

“Saya ini tidak terlalu banyak harapanku, saya hanya berharap agar tahun depan ini keadaan perekonomian kita semua di sini bisa lebih baik, kita ingin membuka usaha tapi modal yang tidak ada. Mungkin saja dari pemerintah kelak bisa membantu kami dalam membuat usaha, siapa tau dengan itu perekonomiannya kita bisa sedikit lebih baik,” tandasnya.

Sementara, Penyintas yang merupakan seorang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), Rendi Setiawan (16) juga menaruhkan harapannya khususnya di bidang pendidikan tahun depan. Ia mengatakan, saat ini yang paling diharapkan adalah agar tahun depan semua sekolah sudah bisa belajar tatap muka kembali.

“Kalau harapan saya untuk tahun depan itu semoga saja Covid-19 cepat hilang supaya kita bisa belajar tatap muka di sekolah. Soalnya saya sudah capek juga belajar online fasilitas di Huntara kurang memadai. Kalau belajar di Sekolah pasti lebih efektif dan cepat memahami pelajaran dari pada harus belajar online. Jadi untuk pemerintah tolong di pertimbangkan soal dunia pendidikan di tahun 2021,” harap Pelajar yang masih tinggal di Huntara itu.***

Reporter: Windy Kartika

Berita terkait