Resmikan Rehab UTD PMI Sulteng, JK: Masa Pandemi, Darah Sangat Vital

  • Whatsapp

Palu,- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Drs. H. Longki Djanggola, M.Si menerima kunjungan kerja Ketua PMI H.M. Jusuf Kalla dalam rangka penyerahan bantuan dan peresmian rehab gedung Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Sulteng di Jalan Kartini, Senin sore (14/12/2020).

Dukungan PMI pusat tersebut diharap gubernur dapat meningkatkan kinerja PMI Sulteng dalam melayani kebutuhan darah masyarakat. Terlebih lewat bantuan 1 (satu) unit Ambulance donor darah dari PMI pusat diyakini dapat meningkatkan pelayanan PMI Sulteng.

Selain itu, PMI pusat juga memberi bantuan pembangunan 3 unit puskesmas pembantu (pustu) di Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala. Dalam penanganan Covid-19 sendiri, Gubernur juga mengapresiasi peran serta PMI dalam pelayanan ambulance, penyemprotan disinfektan dan sosialisasi protokol kesehatan 3M.

“Semoga segala perhatian dan kepedulian ini memberi manfaat besar bagi kami dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ucap Gubernur atas bantuan PMI pusat.

Sementara Ketua PMI H.M Jusuf Kalla dalam sambutannya menyatakan ketersediaan darah di masa pandemi sangat vital. Karena plasma darah yang didonorkan dari warga yang sembuh kepada pasien Covid-19 diyakini dapat mempercepat penyembuhan. Olehnya pelayanan darah di UTD PMI diharap berkorelasi mendukung terapi plasma darah bagi penyembuhan pasien Covid-19.

“Harapannya dengan adanya bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan (darah) yang diperlukan masyarakat,” ucap Ketua.

Pada kesempatan itu, Ketua PMI juga menyerahkan penghargaan kepada mitra donor darah yang meningkatkan kepedulian donor darah selama masa pandemi. Para penerimanya yaitu Kapolda Sulteng, Danrem 132/Tdl, Danlanal Palu, Pimpinan Bank Panin dan PT Hadji Kalla.***

Sumber: Ro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng

Berita terkait