Survey Poltracking Jelang Voting Day, Rusdy-Ma’mun Masih Unggul

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Detik-detik jelang Voting day 9 Desember 2020 pekan depan. Poltracking Indonesia kembali merilis hasil survey terakhirnya di pagelaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) tahun 2020. Hasilnya, tak berbeda jauh dari sebelumnya, Pasangan Calon urut 02 Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir masih diunggulkan.

Hasil survey Poltracking teranyar, menunjukkan bahwa berdasarkan pertanyaan dengan simulasi surat suara, elektabilitas pasangan Rusdy Mastura-Ma’mun Amir (60.6%), unggul dari elektabilitas pasangan Mohamad Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala (33.0%), dengan pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voters) (6.4%).

Survey ini dilakukan pada 25-30 November 2020, menggunakan metode metode stratified multistage random sampling. Adapun jumlah sampel dalam survei ini adalah 1200 responden dengan margin of error +/- 2.8% pada tingkat kepercayaan 95%.

Adapun klaster survey ini menjangkau 13 Kabupaten/Kota di seluruh Provinsi Sulawesi Tengah secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir, sedangkan stratifikasi survey ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih. Metode sampling ini meningkatkan representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat.

Manager Riset Poltracking Indonesia, Masduri melalui rilisnya Sabtu (05/12/2020) malam, mengatakan pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak. Setiap pewawancara mewawancarai 10 responden untuk setiap satu desa/kelurahan terpilih.

“Sebanyak 25 persen dari total sampel didatangi dan diwawancarai kembali untuk memastikan kebenaran data dan seluruh responden (100%) dikontak kembali lewat telepon guna keperluan konfirmasi dan verifikasi data,” jelasnya.

Masduri mengungkapkan, survey ini menemukan tingkat popularitas Rusdy Mastura (77.6%) menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan kandidat lainnya, diikuti popularitas Ma’mun Amir (65.9%), Mohamad Hidayat Lamakarate (58.3%) dan Bartholomeus Tandigala (43.2%).

Kemudian, lanjutnya, pada tingkat akseptabilitas kandidat, Rusdy Mastura (69.8%) juga menjadi kandidat dengan tingkat kedisukaan paling tinggi dibandingkan kandidat lainnya, diikuti Ma’mun Amir (60.2%), Mohamad Hidayat Lamakarate (46.5%) dan Bartholomeus Tandigala (34.2%).

Masduri juga memaparkan untuk tingkat pengetahuan pemilih terhadap Pilkada Sulawesi Tengah yakni sebesar (86.0%), masih ada sebagian publik (8.5%) yang tidak mengetahui Pilkada Sulawesi Tengah 2020. Pada tingkat potensi partisipasi publik, mayoritas publik pasti mencoblos pada Pilkada Sulawesi Tengah (70.3%) Desember nanti, sebanyak (6.5%) belum pasti mencoblos dan (2.6%) tidak akan mencoblos. Sementara pemilih yang sudah mantap dengan pilihannya (73.1%) dan yang masih mungkin mengubah pilihannya (14.8%) pemilih.

“Temuan ini merupakan potret terbaru peta kekuatan elektoral masing-masing pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Tengah. Jika tidak ada perubahan peta politik yang signifikan, kemungkinan besar Rusdy Mastura-Ma’mun Amir unggul pada hasil Pilkada Sulawesi Tengah 2020,” tandasnya.***

Editor: Indra Setiawan

Berita terkait