Gempa M 5,2 Guncang Ogotua (Toli-toli), Tidak Berpotensi Tsunami

  • Whatsapp
Pusat gempa/Foto: BMKG
banner 728x90

Tolitoli,- Gempa bumi bermagnitudo (M) 5,2 terjadi di wilayah Kabupaten Toli-toli Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Pusat gempa diketahui berada di laut akibat aktivitas seismik sesar lokal.

Informasi yang dikutip dari Badan Mateorologi dan Klimatologi (BMKG) kelas I Stasiun Geofisika (Stageof) Palu, menginformasikan gempa terjadi pada Senin (11/01/2021) sekitar pukul 09:57 WITA, di Laut Sulawesi 46 km arah baratlaut Ogotua, Toli-toli.

Diketahui, gempa tersebut berada di kedalaman 10 km, pada koordinat 1.22 Lintang Utara (LU) dan 119.94 Bujur Timur (BT). Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam kategori gempa dangkal karena kedalamannya berada kuranh dari 70 km dari permukaan bumi.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Gempa ini dirasakan skala II-III MMI di Toli-toli. Hingga berita ini diterbitkan pihak BMKG belum merilis laporan lebih lanjut mengenai dampak yang telah ditimbulkan gempa.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari BMKG. Tidak terpancing isu berita yang tidak bertanggung jawab serta tetap waspada dengan adanya potensi gempa susulan. ***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait