Waspada Dampak Bencana Hidrometeorologi, Sulteng Berpotensi Banjir!

  • Whatsapp
Peta Prakiraan Daerah Potensi Banjir di Sulawesi Tengah/Foto: BMKG
banner 728x90

Palu,- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan cuaca dini pada sejumlah wilayah di Indonesia untuk waspada terhadap bencana hidrometeorologi yang menimbulkan curah hujan tinggi hingga berpotensi menyebabkan bencana alam, mulai dari banjir dan longsor.

Dalam laporan BMKG cuaca ekstrem tujuh hari ke depan diprakirakan pada wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua dan juga Sulawesi Tengah.

Forecaster BMKG kelas II Mutiara Sis Al-Jufrie Palu, Eka Trimas Widyatmoko, S. Tr, saat dihubungi media ini Senin (11/01/2021), menjelaskan bahwa Sulawesi Tengah sendiri masuk kategori waspada dari prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di Indonesia bagian Timur. Hingga berpotensi menyebabkan banjir di beberapa daerah di Sulteng.

“Dari data yang dipaparkan, tingkat potensi banjir di Sulteng terbagi atas dua kategori yakni rendah dan menengah. Kategori rendah pada 11 Kabupaten dan 1 Kota, sementara kategori menengah pada 1 Kabupaten,” papar Forecaster memaparkan data BMKG.

Adapun tingkat potensi banjir rendah meliputi: Banggai (Kec. Balantak, Batui, Kamal, Masama), Bangkep (Kec. Tinangkung), Buol (Kec. Bokan Kepulauan), Donggala (Kec. Balaesang, Banawa, Banawa Tengah, Labuan, Sindue, Sirenja, Sojol, Tanantovea), Kota Palu (Kec. Mantikulore, Palu Barat, Palu Timur, Palu Selatan, Palu Utara, Tatanga, Ulujadi), dan Morowali (Kec. Bahodopi, Bungku Tengah, Bungku Barat, Bungku Timur).

Kemudian, Parimo (Kec. Balingi, Bolano, Bolano Lambunu, Mepanga, Ongka, Malino, Palasa, Sausu, Sidoan, Taopo, Tinombo, Tinombo Selatan, Tomini, Torue), Poso (Kec. Lore Barat, Lore Pesisir), Sigi (Kec. Gumbasa, Kinovaro, Kulawi, Kulawi Selatan, Lindu, Marawola, Marawola Barat, Nokilalaki, Palolo, Pipikoro), Touna (Kec. Tojo), dan Toli-toli (Kec. Baolan, Basidondo, Dondo, Galang, Lampasio, Toli-toli Utara).

“Sementara untuk tingkat potensi banjir menengah pada Kabupaten Morowali di Kecamatan Bahodopi dan Bungku Timur. Untuk daerah dengan tingkat potensi banjir tinggi belum ada,” lanjutnya dengan data BMKG.

Untuk hari ini, Eka Trimas Widyatmoko juga mengungkapkan bahwa ada beberapa daerah di Sulteng yang berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir.

“Prakiraan cuaca ini berlaku hingga Selasa (12/01/2021) besok pukul 08.00 WITA. Yakni meliputi wilayah Sigi, Parimo, Touna, Poso, dan Morowali Utara. Nanti lengkapnya akan kami kirimkan petanya,” ungkapnya.

Masyarakat kemudian dihimbau untuk selalu waspada dan menyiapkan mitigasi bencana jika hal yang tidak diinginkan terjadi. Masyarakat juga diminta tidak mudah percaya dengan berita yang bukan bersumber dari BMKG.***

Reporter: Indra Setiawan

banner 780x80

Pos terkait

banner 780x80