Kembali Gempa Susulan Kuat M 5,2 Guncang Majene

  • Whatsapp
Ft: Dok BMKG
banner 728x90

Majene,- Gempa bumi susulan bermagnitudo (M) 5,2 kembali terjadi di wilayah Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Pusat gempa diketahui berada di laut akibat aktivitas seismik sesar lokal.

Informasi yang dikutip dari Badan Mateorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menginformasikan gempa terjadi pada Rabu (03/02/2021) sekitar pukul 16:25 WITA, pada 9 km arah baratlaut Majene.

Diketahui, gempa tersebut berada di kedalaman 18 km, pada koordinat 3.01 Lintang Selatan (LS) dan 118.82 Bujur Timur (BT). Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam kategori gempa dangkal karena kedalamannya berada kurang dari 70 km dari permukaan bumi.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Pantauan kailipost.com gempa dirasakan cukup kuat di wilayah Majene dan Mamuju Kota serta sebagaian orang di Mamuju Tengah. Hingga berita ini diterbitkan pihak BMKG belum merilis laporan lebih lanjut mengenai dampak yang telah ditimbulkan gempa.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari BMKG. Tidak terpancing isu berita yang tidak bertanggung jawab serta tetap waspada dengan adanya potensi gempa susulan.*

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait