Masalah PETI Dongi-dongi BBTNLL Minta Dukungan Para Pihak

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Masalah tambang emas hutan lindung di Kecamatan Dongi-Dongi, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) tak kunjung terselesaikan. Pasalnya, aktifitas tambang emas di hutan lindung tersebut masi terus dilakukan.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL), Jusman mengatakan, penyelesaian permasalahan di tambang emas hutan lindung tersebut tidak hanya dari BBTNLL saja, namun butuh dukungan dari semua pihak.

“Penyelesaian permasalahan ini hanya akan dapat dilakukan bila didukung oleh para pihak terkait, tidak cukup dengan pihak BBTNLL saja,” jelasnya, Selasa (16/3/21).

Sehingga, kata dia, akan lebih komprehensif bila dengan DPRD, karena ada rencana pertemuan lanjutan dengan pimpinan daerah yg ada aktivitas Pertambangan Tampa Izin (PETI). Bahkan, kata Dia, pihaknya juga baru saja bertemu dengan wakil bupati (Wabup) selanjutnya, akan bertemu dengan Danrem 132/Tadulako.

Maka, lanjutnya, dengan dukungan para pihak terkait, diharapkan strategi yang disiapkan akan lebih baik dan memungkinkan penyelesaiannya lebih baik.

“Setelah ini, kami agendakan audiensi dengan Bupati Poso, dalam rangka komunikasi program dan termasuk mohon dukungan penyelesaian masalah PETI, terutama dalam rangka pembinaan kependudukan.

“Maaf terkesan lambat, juga komunikasi dengan pimpinan daerah, mengingat Bupati Poso juga masih baru,” pungkasnya. ***

Reporter: Yohanes Clemens

Berita terkait