Meski Pandemi, Tradisi Ndengu-Ndengu Tetap Berjalan Tandai Bulan Ramadhan

  • Whatsapp
banner 728x90

MOROWALI,- Tak lama lagi, bulan suci Ramadhan akan segera tiba, yang disambut suka cita oleh seluruh umat Islam di dunia. Meski di tahun 2021 masa pandemi belum juga dinyatakan berakhir oleh Pemerintah, namun masyarakat tetap antusias menyambut Ramadhan, salah satunya tradisi Ndengu-Ndengu di Morowali.

Di beberapa tempat di Desa Sakita Kecamatan Bungku Tengah, anak-anak dan remaja mulai mempersiapkan bambu untuk pembuatan Ndengu-Ndengu.

Ndengu-Ndengu merupakan tempat berkumpul beberapa orang yang tiangnya terbuat dari bambu dengan tinggi bervariasi mulai 3 meter hingga 20 meter. Di bagian atas akan dibuat seperti rumah kecil berisi peralatan musik tradisional dan seadanya, yang akan dimainkan menjelng buka puasa, usai shalat tarawih, dan memasuki waktu makan sahur.

Di tahun-tahun sebelumnya saat Covid-19 belum mewabah, Ndengu-Ndengu bahkan dijadikan ajang perlombaan yang pemenangnya diumumkan usai penyelenggaraan shalat Idul Fitri. Para pemenang juga diberikan hadiah bonus dari pihak panitia dan tim penilai.***

Reporter: Bambang Sumantri

Pos terkait