Warga Tumpahkan Kerinduan ke Puing Masjid Apung

  • Whatsapp
Masjid apung Kota Palu @Kailipostcom/Windy Kartika
banner 728x90

Palu,- Masjid apung yang merupakan salah satu icon kota palu, menjadi salah satu tempat yang ramai di kunjungi saat bulan ramadhan. Keramaian biasa terjadi disaat pagi hari dan menjelang sore, dimana warga sambil menunggu waktunya berbuka berfoto dan juga membeli takjil untuk berbuka puasa di kawasan masjid Apung.

Masjid Arkam Babu Rahman atau disebut masjid apung ini terletak di Kecamatan Palu Barat Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Meskipun Masjid rusak akibat dihantam gempa dan tsunami pada 28 September 2018 silam, salah satu destinasi wisata religi ini, tetap ramai oleh Pengunjung.  

Sepertihalnya salah satu pengunjung Arumi (27) yang merupakan warga Palu Selatan, mengatakan dirinya berkunjung ke masjid tersebut untuk mengenang betapa dahsyatnya bencana alam tsunami pada saat itu. Apalagi sebelum terjadinya bencana alam tersebut dirinya dan teman-temannya selalu berada di masjid tersebut untuk melaksanakan sholat.

“Saya memang suka ke tempat ini, rasanya saya jadi rindu sama masa-masa dimana saya dan teman saya biasanya selalu sholat di masjid ini. Sedih sebenarnya kalau memandang masjid ini, apa lagi masjid ini bisa di bilang salah satu icon nya kota palu.  Saya masih bersyukur bahwa masjid ini tidak rata dengan tanah,  sementara bisa kita lihat sendiri bangunan di sekitar sudah rata dengan tanah,” Imbuhnya.

Ia juga mengatakan dirinya berada di sana untuk mengisi waktu ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Rencananya, Pemerintah Kota Palu menjadikan Masjid Apung sebagai salah satu tempat tempat pariwisata di Kota Palu. Sebab,  Masjid Apung juga merupakan saksi bisu bencana alam yang memporak-porandakan Kota Palu beberapa tahun silam. ***

Reporter: Windy Kartika Zahra

Berita terkait