Kota Ampana Diguncang Gempa Kali kedua Dalam Sehari, Gunung Colo Apakah Akan Meletus ?

Ft: relawan peduli sulteng
banner 728x90

Ampana,- Suasana Panik melanda masyarakat Kota Ampana Ibukota Kabupaten Tojo Una-Una. Hal ini akibat terjadinya Gempa Kali kedua Dalam Sehari, Senin (26/07/2021).

Gempa terbaru terjadi pukul 20:09 Wita dengan Magnitudo 6.5 lebih kuat dari gempa beberapa jam sebelumnya.  Sementara lokasi gempa terjadi di 0.73 LS, 121.92 BT atau berada 59 Km Timur laut Tojo Una-Una. Lokasi ini merupakan titik yang sama dengan gempa yang terjadi sebelumnya pukul 11:52 wita dengan magnitude 5,9. Ini merupakan jalur sesar aktif yang belum bernama di kepulaun togean. Sesar ini terletak di dua sesar besar yang juga masih aktif sampai sekarang.

Baca Juga

Sementara itu dalam video beredar masyarakat Kota Ampana beberapa sudah melakukan pengungsian mengantisipasi terjadinya gempa lebih besar. Terlihat juga warga panik hingga memenuhi pertamina untuk melakukan pengisian bahan bakar.

Sementara itu, hal yang dikhawatirkan warga adalah gunung Colo. Gunung colo merupakan gunung berapi kerucut dengan ketinggian 508 meter yang terletak di Pulau Una-Una. Gunung ini berada di tengah teluk Tomini. Gunung ini terakhir meletus pada 23 Juli 1983. ***

Penulis: Idham

Berita terkait