Tingkat Positif Meningkat, NSL Minta IMIP Sumbang Oksigen Juga ke Sulteng

  • Whatsapp
Dr Hj Nilam Sari Lawira (Ketua DPRD Provinsi Sulteng)
banner 728x90

Palu,- Ketua DPRD Sulawesi Tengah Nilam Sari Lawira, menyampaikan enam poin penting melalui siaran pers pada hari Kamis (29/07/2021) terkait situasi dan kondisi makin meningginya angka positif covid-19 di Sulawesi tengah, yang kini sudah menyentuh  angka 800-an kasus perhari.

Hal ini dinilainya mengingat situasi Pandemi Covid-19 di Sulteng semakin menghawatirkan. Dirinya meminta agar seluruh Puskesmas harus jadi ujung tombak/garda terdepan dalam penanggulangan covid-19. Sebab saat ini laporan yang masuk menyebutkan bahwa kapasitas Rumah Sakit Pemerintah yang ada sudah mulai penuh.

Kedua, Meminta stakeholder terkait untuk Mendata masyarakat yang melakukan isoman dan memberikan treatment bantuan obat-obatan, vitamin, APD, dll. Serta petunjuk teknis bagi anggota keluarga yang lain agar tidak tertular Covid-19.

Selain itu dirinya juga meminta gubernur memerintahkan jajarannya melakukan tracking untuk mengetahui data rill bukan berdasarkan data dari pelaporan orang yang sudah terkonfirmasi. Harus segera dipastikan bahwa tempat penampungan isoman sudah dilengkapi dengan peralatan medis yang memadai.

Sosialisasi PPKM level 4 di kota Palu dan Morowali utara ke masyarakat harus lebih masif agar masyarakat benar-benar paham apa yang tidak boleh dilakukan selama masa pemberlakuan PPKM, seperti pesta yang mengundang banyak orang, pengajian/ibadah di rumah dengan banyak orang, dll.

Terakhir Meminta gubernur mendesak agar IMIP bisa menyumbang oksigen seperti yang sudah dilakukan di Jakarta, sebagai bentuk tanggung jawab sosial. Mengingat perusahaan IMIP bisa membagikan oksigen di daerah lain sedangkan di Sulteng yang notabene tempat usahanya tidak diberikan bantuan oksigen padahal rumah sakit sudah mulai krisis oksigen dan obat-obatan. ***

Reporter: Ikhsan Madjido

Berita terkait