DPRD Sulteng Lantik Pengganti Anggota Dewan yang Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Ridwan Yalidjama resmi menjabat anggota DPRD Sulteng setelah dilantik pada Rabu 25 Agustus 2021. (FOTO: Zainal/ HUMPRO DPRD SULTENG)
banner 728x90

PALU,– DPRD Sulteng melaksanakan rapat paripurna pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD pengganti antar waktu (PAW) sisa masa jabatan 2019-2024, Rabu (25/8/2021) di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Sulteng.

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Sulteng Arus Abdul Karim, Wakil Ketua III, Muharram Nurdin dan dihadiri langsung Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura. Rapat paripurna juga diikuti secara virtual sebagian anggota DPRD Sulteng dan unsur Forum Komunikasi Pemimpin Daerah (Forkopimda).

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Sulteng Arus Abdul Karim melantik anggota pengganti antar waktu Ridwan Yalidjama.

Sesuai dengan Keputusan  Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor. 161.72-384 Tahun 2021 tentang peresmian pengangkatan pengganti antar waktu, Ridwan Yalidjama dilantik  menggantikan almarhum Budi Luhur Larengi dari Partai Golkar, yang meninggal dunia 24 Maret 2021 lalu.

“Peresmian pengangkatan pada hakekatnya merupakan titik awal dari pengabdian. Kami berharap saudara Ridwan Yalidjama berupaya memahami Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi), hak dan kewajiban baik individu maupun kelembagaan,” kata Arus Abdul Karim.

Waket I DPRD ini juga berpesan agar menghayati secara dalam tanggung jawab sesuai kedudukan di DPRD agar dapat membawa citra dan martabat  lembaga DPRD Sulteng sebagai pengembang amanat rakyat. 

“Baktikan diri, serap aspirasi yang hidup dan berkembang di masyarakat, sehingga kita dapat mengetahui, memahami kebutuhan masyarakat yang menjadi prioritas dalam penetapan kebijakan publik,” pesannya.

Sementara itu, Gubernur Rusdy Mastura dalam sambutannya mengatakan, Ridwan Yalidjama adalah orang yang cukup mumpuni dalam bidang legislatif.

PAW menurutnya adalah proses politik yabg harus dilakukan sebagai upaya memenuhi kelengkapan keanggotaan DPRD Sulteng.

Sebagai anggota dewan yang baru tentunya harus menyesuaikan diri, mempelajari berbagai kegiatan baru karena selalu ada perubahan-perubahan,” katanya.

Gubernur berharap sebagai Anggota DPRD Sulteng yang baru juga bisa menjadi mitra Pemerintah Provinsi Sulteng.

Sehingga bisa membantu kami dalam menja roda pemerintahan. Karena banyak pengalaman untuk bisa bertukar pikiran bagi kemajuan daerah kedepan.

Kepada mendiang Budi Luhur, Gubernur mengucapkan terimakasih atas kontribusi dan pengabdiannya selama menjadi Anggota DPRD Sulteng.

Gubernur dalam kesempatan itu juga mengajak seluruh peserta rapat paripurna untuk memanjatkan doa kepada almarhum Budi Luhur Larengi. ***

Jurnalis Kailipost.com: Ikhsan Madjido

Berita terkait