Wagub Tutup Secara Resmi STQH ke-XXVI, Morowali Utara Raih Juara Umum

  • Whatsapp
banner 728x90

Salakan,- Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke-XXVI yang berlangsung di Kabupaten Banggai Laut secara resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Mamun Amir, Senin malam (30/08/2021).

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari penuh diikuti seluruh kabupaten di Sulawesi tengah. Pelaksanaan kali ini dilakukan secara virtual, artinya para Peserta tetap berada di wilayah masing-masing.

Kegiatan ditutup secara resmi oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma’mun Amir. Dalam sambutannya wagub menyampaikan jika pelaksanaan STQH sempat berkali-kali diundur akibat lonjakan kasus COVID-19 dan dampak PPKM di Sulteng, namun kondisi ini tidak menciutkan semangat perjuangan untuk terus mendalami dan mengembangkan isi kandungan Al-Qur’an untuk kebaikan kemaslahatan umat.

Wakil Gubernur juga menyampaikan bahwa dengan berakhirnya STQH bukan berarti tugas kita untuk terus membaca dan mendalami makna di dalam kitab Suci Al-gur’an dianggap selesai, setelah ini tetap harus melanjutkan upaya-upaya menumbuhkan kecintaan kepada Al-qur’an memberantas buta aksara Al-qur’an, menyepurnakan ahlak dan perilaku umats sesuai dengan isi yang terkandung dalam kitab Suci Al-qur’an.

Wagub juga mengajak seluruh Umat Muslim untuk terus meluruskan niat membangun daerah ini dalam bingkai gerak cepat menuju Sulteng lebih sejahtera dan maju,” jelas Wagub Mamun Amir.

Sementara itu, Wakil Bupati Ablit H Ilyas sebagai tuan rumah kegiatan mengucapkan rasa terima kasih kepada Panitia yang terlibat kegaiatan ini, Khususnya pemerintah Provinsi sulawesi tengah, Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur.
Kegiatan ini sukses pula mencapai tujuan kita bersama yaitu menggali potensi QORI dan QORIAH dari berbagai cabang dan tingkatan dalam rangka mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an dan hadist dengan baik dan benar,” jelas Wabup.

Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke-XXVI juara umum diraih oleh Kabupaten Morowali Utara, Kemudian Juara Umum ke-2 diraih Kota Palu.
Juara umum 3 diraih Kabupaten Banggai Laut dengan total nilai 23.
Juara umum 4 diraih Kabupaten Sigi dengan total nilai 20.
Juara umum 5 diraih Kabupaten Morowali dengan total nilai 15.
Juara umum 6 diraih Kabupaten Donggala dengan total nilai 11.
Juara umum 7 diraih 3 Kabupaten, Karena memiliki nilai yang sama yakni ; Kabupaten Toli-toli, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Tojo Una-una.
Juara umum 8 diraih Kabupaten Banggai dengan total nilai 6,
Juara Umum 9 diraih oleh 2 Kabupaten karena memiliki nilai yang sama, yakni Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Poso dengan total nilai 5.
Juara Umum 10 diraih oleh Kabupaten Buol.

Kegiatan turut dihadiri Wakil Ketua Penggerak PKK, Ketua DPRD, Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Persaudaraan Qori-Qoriah dan Hafidz-Hafidzah, Bupati/ Wakil Bupati Kabupaten/Kota, Sekda Kabupaten/Kota, Kakanwil, Kemenag, Ketua MUI, Ketua LPTQ Provinsi, Kabupaten/Kota, Asisten Provinsi, Kabupaten/Kota, Dewan Hakim, Forkompinda, Se-Sulawesi Tengah. ***

Sumber: Biro Admpim Pemprov Sulteng

Berita terkait