Gubernur Sulteng Berikan Bantuan dan Tinjau Program Perhutanan Sosial Kulawi

banner 728x90

Sigi,- Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura melakukan kunjungan ke Masyarakat Kulawi guna meninjau Program Perhutanan Sosial Kulawi. Kulawi yang merupakan wilayah yang berada di pegunungan Kecamatan Lindu berada dibawah pengawasan KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) Kulawi.

Kunjungan Rombongan Gubernur di Desa Tangkolowi kecamatan Kulawi Kab Sigi, Minggu (26/09/21) Kali ini, secara simbolik dalam rangka melakukan penanaman tanaman produktif berupa tanaman Durian dan menyerahkan SK Perhutanan Sosial, sekaligus penyerahan alat ekonomi produktif peralatan pengolahan kopi, serta peralatan penyadapan pinus kepada kelompok tani hutan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kehutanan Sulawesi Tengah, Dr H Nahardi menyampaikan, Desa Tangkolowi oleh Kementerian Kehutanan telah menerbitkan status skema Hutan Sosial untuk memberi akses mayarakat untuk mengelola kurang lebih 3000 Ha. Secara keseluruhan untuk wilayah KPH Kulawi, kita telah memberi akses sekitar 15.000 Hektare lahan untuk dikelola oleh masyarakat. Iapun berharap semua pihak bisa membantu dalam rangka mengoptimalkan manfaat lahan yang sudah di alokasikan oleh pemerintah. Karena ini salah satunya merupakan berbasis lahan jadi jenis bantuannya adalah bantuan bibit-bibit produktif pada Masyarakat. terang Nahardi.

Sementara itu, Gubernur Rusdy Mastura mengemukakan, jika program Pemerintah terkait Perhutanan Sosial ini bisa menyelesaikan masalah ditengah masyarakat terkait peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu, Gubernurpun mendorong masyarakat untuk memanfaatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) untuk mengelola lahan Perhutanan Sosial. Gubernur menyebutkan Pemerintah saat ini menyiapkan dana KUR dengan suku bunga hanya 6%, namun saat ini hingga bulan Desember nanti Bunganya hanya 3%, terang Gubernur.
Gubernurpun mendorong Aparat Pemerintah dari tingkat Kecamatan hingga Desa agar bias mensosialisasikan kepada masyarakat agar memanfaatkan KUR. Nantinya masyarakat bisa meningkatkan dan memperluas akses wirausaha seluruh sektor usaha produktif.

Gubernur juga mengucapkan terimakasih Kepada Kadishut Prov Sulteng atas inisiasinya di dua tempat terkait Program Perhutanan Sosial yaitu di Wilayah KPH Banawa dan KPH Kulawi. Semoga program perhutanan sosial ini bisa Kewilayah KPH lainnya di Sulawesi Tengah. Harap Cudy sapaan akrab Gubernur.

Usai melakukan kunjungan di Desa Tangkolowi Gubernur beserta rombongan bertolak menuju Desa Marena Kab Sigi dalam rangka Penyerahan Sertifikat tanah hasil persetujuan rekonsiliasi Eks Tanah pekebunan PD Sulteng berdasarkan surat pelaksanaan Direktur PT.Pembangunan Sulawesi Tengah No 088/srt/Ek/ PT.PST/VIII/2001 Tanggal 13 Agustus Tahun 2021. Tanah hasil rekonsiliasi tersebut dikembalikan kepada masyarakat, karena sejak tahun 2001 tanah tersebut telah dikuasai dan digarap oleh masyarakat dan sebagiannya sudah menjadi Fasilitas Sosial (Fasos) dan Fasilitas Umum (Fasum)

Selanjutnya, Gubernur melajutkan pejalanannya menijau ruas jalan Di wilayah Gimpu dan Pipikoro yang didampingi Bupati Kab Sigi Moh Irwan, KadisHut Prov Sulteng Nahardi, Kadis Bina Marga Saifullah Djafar, Kepala Bappeda Sulteng Suandi, Staf Ahli Gubernur Rohani Mastura, Plt Karo Adpim Setda Prov Eddy Nicolas Lesnusa serta Pejabat Terkait lainnya. ***

Sumber: Biro Adpim Pemrov Sulteng

banner 728x90

Pos terkait