Habib Hasan al-Habsyi: Alkhairaat Senantiasa Selaras dengan Pemerintah

  • Whatsapp
banner 728x90

PALU – Sekretaris Dewan Pakar Pengurus Besar (PB) Alkhairaat Habib Hasan al-Habsyi menegaskan Alkhairaat tidak pernah bertentangan dengan kebijakan pemerintah.

Hal tersebut ia sampaikan dalam diskusi bertajuk Menafsir Ulang Semangat Kepahlawanan Guru Tua yang diselenggarakan oleh Alkhairaat News, Ahad (28/11/2021).

“Saat ini kita melihat bagaimana Alkhairaat yang didirikan oleh Sayyid ‘Idrus bin Salim al-Jufri atau yang kita kenal dengan Guru Tua memiliki lembaga pendidikan di semua jenjang. Mulai dari PAUD hingga universitas. Semua ini akan terus berkembang dan memberikan kontribusi bagi Indonesia,” ungkap Habib Hasan.

Menurutnya, kekuatan utama Alkhairaat, sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia Tengah dan Timur, terletak dari kemampuannya dalam beradaptasi dengan perubahan zaman.

“Bisa kita bayangkan, Alkhairaat berdiri sejak zaman kolinial masih bercokol di Tanah Air. Betapa sulitnya mendirikan sekolah yang terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat pada zaman itu, tetapi Alkhairaat sanggup melewati tantangan, baik dari Belanda maupun Jepang. Demikian juga ketika Indonesia merdeka dari penjajahan hingga di era Reformasi saat ini,” terangnya.

“Selalu ada tantangan di setiap era, di setiap zaman. Tetapi Alkhairaat terus tumbuh berkat paradigma atau pola pemikiran yang diwariskan oleh Guru Tua, yaitu pemikiran yang menekankan pada kemampuan untuk menemukan solusi guna terus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi, terutama di dalam pengelolaan dan pengembangan lembaga pendidikan,” tambahnya.

Berita terkait