PJ Sekda Terima Hasil Evaluasi BPKP Sulteng Atas Penanggulangan Bencana

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Pj. Sekda Provinsi Ir. Faisal Mang menerima Hasil Evaluasi BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah atas penyelenggaraan dan pendanaan penanggulangan bencana di Provinsi Sulteng, Selasa (23/11/2021).

Tim Evaluasi BPKP Sulteng yakni Bambang Trisnadi, Ibu Febi Andini Yulefti, Pratami Murti, Nugroho Sulistyanto dan Laela Rahmi Fatria diterima di Ruang Kerja Sekda oleh PJ Sekda Faisal Mang  didampingi Kepala Dinas Perkimtan Abdul Haris Karim, ST,MM, Kepala Dinas PU dan Tata Ruang diwakili Kabag Jalan dan Jembatan Asbudianto, ST, M.Si dan Kepala Pusdatina Bencana Adiman, SH, M.Si.

Beberapa hasil evaluasi BPK Sulteng diantaranya:

  1. Kebijakan penguatan dan harmonisasi sistem regulasi dan tata kelola penanggulangan bencana perlu dilakukan
  2. Perlu penyusunan RPB dan Master Plan kawasan rawan bencana RPB dan Kebijakan penguatan investasi Pengelolaan Risiko bencana. 
  3. Dalam hal ini perlu pembangunan sistem peringatan dini terpadu multi ancaman dan tersedianya standar  logistik dan peralatan yang tersedia pada BPBD 
  4. Perlu dukungan peningkatan kapasitas masyarakat dalam bentuk Desa Tangguh penyusunan data Base kebencanaan yang terintegrasi dengan database penduduk miskin.

Pj. Sekda Faisal Mang usai menerima hasil evaluasi tersebut  meminta agar hasil evaluasi yang diberikan dapat disampaikan kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini BNPB agar dapat mengambil kebijakan.strategis dan konkrit dalam hal Mitigasi Bencana di Sulawesi Tengah.

Sulawesi Tengah masuk dalam daerah Zona Rawan Bencana, sehingga perlu kajian yang yang utuh terkait dengan Mitigasi Bencana dan hasil kajian itu dapat diyakini bersama sebagai landasan kebijakan pemerintah kedepan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat bilamana terjadi bencana.

Sekda juga mengharapkan adanya rekomendasi kepada Pemerintah secara berjenjang untuk mempersiapkan data akurat kondisi masyarakat by name dan by address yang akuntabel. 

Di penghujung pertemuan, Sekda menyampaikan salam hangat dari bapak Gubernur kepada Kepala Perwakilan BPKP dan jajaran yang sudah memberikan masukan atas hasil evaluasi yang dilakukan. ***

Sumber: Biro AdmPim Pemprov Sulteng

Berita terkait