Jokowi Izinkan Rakyat Buka Masker Di Ruang Terbuka

  • Whatsapp
banner 728x90

Editor/Sumber: Faqih Azzura/CNN.Indonesia

Jogja- Presiden RI Joko Widodo memutuskan untuk melonggarkan penggunaan masker di tengah kondisi Covid-19 di Indonesia. Hal tersebut diumumkan Jokowi dalam pernyataan pers yang disampaikan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5).

“Pertama pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker,” ujar Jokowi seperti disiarkan langsung via saluran Youtube Sekretariat Presiden. Ia menyatakan hal itu usai pemerintah memerhatikan kondisi saat ini penanganan pandemi Covid di Indoensia yang semakin terkendali.

Namun kebijakan pelonggaran masker itu diberikan kepada mereka yang beraktivitas di luar ruangan atau tak di dalam ruangan padat dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan. Sebagai informasi, selama dua tahun terakhir pandemi Covid-19, penggunaan masker adalah salah satu protokol kesehatan wajib pencegahan penularan virus corona di Indonesia. 

Mewajibkan masker itu dilaksanakan pemerintah pusat sejak awal April 2020 silam. Mewajibkan masker diputuskan pemerintah berdasarkan anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebutkan Indonesia secara de facto sudah menuju ke endemi Covid-19.

Muhadjir menuturkan transisi pandemi ke endemi ini dipertaruhkan setelah libur Idulfitri tahun ini. Menurutnya, jika pasca Idulfiri tidak ada penambahan kasus signifikan, maka Covid-19 di Indonesia akan segera menjadi endemi.

Berita terkait