Sosok Ismaun, Warga Palu-Sopir Bupati Nduga yang Dibunuh Sadis KKB Papua

  • Whatsapp
Foto: Jenazah Mahmud Ismaun, korban penembakan KKB hendak dibawa ke pemakaman di Palu, Sulteng. (Ajir Mahmud/detikcom)

Palu- Mahmud Ismaun (53), warga Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) tewas, akibat ditembak teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Papua. Diketahui almarhum meninggalkan anak dan istrinya demi memperbaiki kondisi ekonomi keluarga dengan menjadi sopir Bupati Nduga.

“Kami ada empat orang bersaudara, dan bapak selalu berikan kasih sayang, bapak saya saja berangkat ke Papua tinggalkan kami di sini itu demi kami anak-anaknya,” ucap Angki anak kedua Ismaun kepada detikcom, Senin (18/7/2022).

Ia juga menjelaskan, bahwa almarhum adalah sosok pekerja keras. Meski sedang berada di perantauan sejak 2020 lalu, Ismaun tidak melupakan tanggung jawabnya sebagai seorang ayah.

“Sosok bapak ini di mata keluarga adalah bapak yang sangat bertanggung jawab dan paling baik sama anak-anaknya dan keluarganya,” imbuhnya.

Sosok almarhum pun sangat dirindukannya. Kini Mahmud Ismaun pun balik ke kampung halaman, namun kembali dalam keadaan tidak bernyawa.

“Saya bersaksi sebagai anak bahwa bapak saya ini orang baik,” tandas Angki.

Sementara Ketua RT Ketua RT 1, Kelurahan Tatura Utara, Irfan Yalisi mengenal sosok almarhum Ismaun merupakan seorang pekerja keras dan suka membantu sesama.

“Saya ini juga keluarganya, jadi saya tahu almarhum, sosoknya ini sangat peduli dan suka membantu warga di sini. Apa pun pekerjaannya dia pasti bantu,” ungkap Irfan.

Sebelum merantau ke Papua, Ismaun bekerja sebagai sopir di salah satu dealer di Kota Palu dan juga sebagai juru instalasi listrik. Almarhum juga pernah menjadi Ketua RT 1, Kelurahan Tatura Utara, selama 2 periode 2014-2019.

“Jadi almarhum itu sudah setahun di Papua bekerja sebagai sopir Bupati Nduga,” bebernya.

Diketahui Mahmud Ismaun menjadi salah satu dari 10 korban tewas ditembak KKB di Nduga, Papua, Sabtu (16/7/2022). Jenazah Ismaun pun dipulangkan ke kampung halamannya di Palu sekitar 17.00 Wita, Minggu (17/7/2022).

Jenazah korban dijemput pihak keluarga dibawa di rumah duka Jalan Tanjung Angin. Jasad almarhum Ismaun diagendakan dimakamkan hari ini. ***

Editor/Sumber: Rizky/detik.com

Berita terkait