Teguran Jokowi ke Mendag Zulkifli Hasan Agar Fokus Kerja

  • Whatsapp
Presiden Jokowi (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
banner 728x90

Jakarta- Teguran dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tertuju kepeda Zulkifli Hasan (Zulhas) yang dalam masa jabatanya belum genap sebulan, menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag). Jokowi meminta Zulhas agar fokus bekerja menurunkan harga minyak goreng.

Pernyataan Jokowi itu merespons video beredar saat Zulhas bersama putrinya, Futri, hadir dalam suatu acara. Zulhas menyampaikan sambutan di hadapan ibu-ibu yang hadir dalam acara tersebut. Zulhas berinteraksi dengan ibu-ibu dan menanyakan program minyak goreng murah di eranya sebagai Mendag, Minyakita.

“Ibu-ibu di sini katanya ada Minyakita, murah ya? Disuruh beli berapa?” kata Zulhas dalam video tersebut seperti dilihat, Senin (11/7/2022).

Ibu-ibu yang ditanya Zulhas menyebut mereka boleh membeli 2 liter Minyakita dengan harga Rp 10 ribu. Zulhas kemudian meminta ibu-ibu menyimpan saja uang Rp 10 ribu itu karena 2 liter Minyakita bakal dibayarkan Futri.

Ia juga melanjutkan, agar kiranya ibu-ibu yang diberi 2 liter Minyakita gratis memilih Futri. Ibu-ibu yang hadir terdengar mengiyakan Zulhas. “Tapi nanti milih Futri ya, oke? Kalau milih Futri ntar 2 bulan ada deh ginian,” ujar Zulhas dijawab ‘oke’ oleh ibu-ibu yang hadir.

Jokowi kemudian ditanya mengenai ramai video itu. Dia mengingatkan Zulhas untuk fokus bekerja.

“Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti saya tugaskan kemarin, bagaimana menurunkan harga minyak goreng berada di Rp 14.000 atau di bawah Rp 14.000. Paling penting itu. Tugas dari saya itu,” kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan usai kunjungan di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa (12/7/2022).

Jokowi mengatakan dia sendiri turun ke pasar-pasar untuk memastikan harga minyak goreng curah. Dia meminta harga minyak goreng curah di pulau Jawa dipastikan ada di harga Rp 14.000 atau di bawahnya.

“Yang kita cek adalah minyak goreng curah agar harganya di Rp 14.000 atau di bawahnya. kalau, pasar pasar yang saya datangi sudah di angka Rp 14.000 itu. Kalau di luar Jawa ada yang masih di atas Rp 14.000 ya satu per satu akan kita selesaikan,” ucapnya.

Peringatan ke Seluruh Menteri

Peringatan juga disampaikan Jokowi kepada seluruh jajaran menteri. Jokowi mewanti-wanti perihal masalah terkait energi dan pangan.

“Sama, semuanya harus fokus bekerja. Utamanya yang berkaitan dengan energi dan pangan,” kata Jokowi.

Jokowi menilai masalah pangan dan energi ini merupakan urusan penting. Dia ingin para menterinya berkonsentrasi menangani dua sektor tersebut.

“Ini penting, ini saya urus terus, urusan yang berkaitan BBM, urusan berkaitan dengan energi batu bara, semuanya karena dunia terdisrupsi di energi dan pangan sehingga kita harus konsentrasi dan jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini,” ujar Jokowi.

Berita terkait