Anwar Hafid Minta Tim Gakkum LH Tidak Tebang Pilih

Foto: Anwar Hafid/ist

Morowali,- Anggota Komisi II DPR-RI, Anwar Hafid mendukung terbentuknya tim Penegakan Hukum (Gakkum) Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Morowali.

Anwar berharap, dengan adanya tim tersebut, bisa sedini mungkin meminimalisir kerusakan lingkungan, utamanya dari sektor kegiatan pertambangan. “Tentunya saya sepakat terbentuknya tim ini, saya berharap kerusakan lingkungan dapat dicegah sedini mungkin” tuturnya.

Baca Juga

Namun demikian kata Anwar, tim itu harus adil dan tidak tebang pilih dalam melakukan pengawasan, agar tidak timbul kecurigaan, kecemburuan, dan opini buruk dari berbagai pihak. “Dalam menjalankan tupoksinya, tim harus berlaku adil dalam melakukan pengawasan, jangan ada tebang pilih kalau masih ingin dipercaya oleh masyarakat, semoga bisa berjalan lancar” ungkapnya.

Seperti diketahui, masalah lingkungan hingga saat ini masih menjadi issu hangat utamanya di Kabupaten Morowali, dimana bencana banjir sudah beberapa kali terjadi, khususnya di wilayah pertambangan.

Terkait hal itu, Ketua Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI), Moh Rizal mengungkapkan, perlu gerak cepat dan penindakan tanpa pandang bulu dari tim Gakkum DLHD, dalam upanya memberangus aktivitas ilegal mining di Kabupaten Morowali, mengingat maraknya aktifitas ilegal mining sudah cukup lama berjalan dan tanpa penanganan yang serius dari pihak terkait.

“Semoga dengan terbentuknya GAKKUM DLHD ini, dapat memberikan solusi terkait maraknya ilegal mining di Kabupaten Morowali, kemudian Gakkum DLHD juga perlu bersinergi dengan insan pers, agar masyarakat mendapatkan informasi yang cukup terkait sejauh mana keberhasilan dari terbentuknya tim DLHD tersebut” tandas Rizal. ***

Reporter: Bambang Sumantri

Berita terkait