Dokter Hery Mulyadi: Poliklinik UMC Diresmikan, Komitmen Undata Tingkatkan Kualitas Pelayanan

ft: @Kailipost.com/Idham
banner 728x90

Palu,- Poliklinik Undata Medical Center (UMC) secara resmi dibuka. Peresmian dilakukan dengan prosesi pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng oleh Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura, Senin siang (8/8/2022).

Direktur RSUD Undata drg. Hery Mulyadi mengatakan, hari ini merupakan peringatan Hari Ulang Tahun RSUD Undata yang ke-50 yang jatuh pada tanggal 7 Agustus 2022. Momentum ulang tahun ini,  Kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan Masyarakat, salah satunya kita punya Poliklinik baru, yang tempatnya cukup representatif.

Baca Juga

“Insya Allah tahun 2023 kita sudah siap. Kita kerjasama dengan Tiga Rumah Sakit besar. Salah satunya Rumah Sakit Harapan Kita, RS Kanker Dharmais dan RS Pusat Otak Nasional. Tujuannya adalah  meningkatkan pemerataan pelayanan kesehatan yang lebih baik, yang lebih profesional, ungkap dokter Hery,

Harapan  kedepan RSUD Undata  ini bisa menjadi pilihan utama dalam pelayanan Rumah Sakit. Rumah sakit Undata ini rumah sakit rujukan Provinsi termasuk juga rujukan Nasional,

Dokter Hery menambahkan, RSUD Undata juga akan memenuhi tantangan dan amanah dari bapak Gubernur Sulteng Rusdi Mastura, untuk melakukan pembenahan menjadikan RSUD Undata menjadi Rumah Sakit Tipe A.

Kita juga sedang melaksanakan persiapan-persiapan, yaitu  segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan yang harus dipenuhi. Memang ada syaratnya, termasuk persyaratan ICU dilengkapi,  yang harus mencapai 8% dari jumlah tempat tidur.

Sementara Dokter Muhammad Natsir menambahkan, bahwa tahapan awal yang akan dilakukan RSUD Undata yakni melengkapi semua perizinannya. Kita ini kan konsepnya jejaring Rumah Sakit Jantung Harapan Kita.

“Jadi konsep awalnya, setelah semua perizinan ini sudah berjalan, kita kumpul semua pasien kita yang mau dioperasi jantung. Kita undang tim dari RS Jantung Harapan Kita, Dialah yang akan melakukan operasi pertama. Pada saat bersamaan terjadi transfer ilmu

dari dokter-dokter jantung ke petugas kita yang ada disini, sebut dr Natsir.

dr Natsir menambahkan, Jika ini sudah berjalan bagus, pada saat nanti bukan lagi tim dari sana yang datang, tapi tim kita yang bekerja, tapi masih didampingi 1-2 orang tim yang dari RS Jantung Harapan Kita. Setelah betul-betul  sudah mandiri dari segi Peralatan dan ketenagaan maka semua kita sudah lakukan sendiri, itu tahapannya.

Sementara itu beberapa petugas di RSUD Undata juga sedang disekolahkan, Dokter maupun Perawat. Sepulang pendidikan nantinya mereka yang akan melaksanakan tindakan. Jadi tidak serta merta melakukan tindakan, ada tahapannya. 

“Harapannya tahun ini semua perizinan sudah rampung, sehingga awal tahun depan sudah bisa kita running. Ada kasus, kita langsung undang sudah tim dari Harapan Kita”, ungkapnya. 

Peresmian, Poliklinik Undata Medical Center (MCU) turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Dr. I Komang Adi Sujendra,  Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Ir. Alimuddin Paada, MS dan Anggota Komisi IV lainnya yaitu,  H. Muh Ismail Junus, SE dan Hj. Winiar Hidayat Lamakarate, SE. ***

Reporter: Idham

Berita terkait