Irjensus Atensi Penyerapan Anggaran 2022 di Sulteng

banner 728x90

SULTENG – Provinsi Sulawesi Tengah mendapat atensi Inspektorat Jenderal (Irjen) khusus Depdagrj berkaitan dengan Asistensi Percepatan Penyerapan anggaran APBD 2022. Seluruh kepala daerah bupati, wali kota dan sekretaris daerah (Sekda) se Sulteng bertemu di ruang Polibu, Pemprov Sulteng, Senin 8 Agustus 2022.

Hadir dalam acara itu, Irjensus Depdagri Teguh Narutomo, Inspektur Wilayah II Irjen Depdagri dan Inspektur IV Depdagri Arsan Latif. Ketiganya didampingi tenaga ahli Irjen Depdagri Anjar dan Slamet Suparmanji.

Gubernur melalui Pj Sekdaprov, Rudy Dewantoro menyambut asistensi percepatan penyerapan anggaran 2022 yang dilakukan Irjen Depdagri di Sulteng. Gubernur mengakui, bahwa penyerapan anggaran APBD 2022 hanya di bawah 35 persen. Kabupaten Banggai penyerapan terbaik dan Buol penyerapan anggaran masih rendah.

Forum asistensi percepatan APBD adalah momentum dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena kehadiran para Irjensus dan Irjen Depdagri adalah bentuk atensi yang mesti dimanfaatkan.

Inspektur Wilayah II Irjen Depdagri, DR Ucok hasil asistensi percepatan penyerapan APBD akan menjadi tolak ukur yang akan disampaikan ke Mendagri. Setelah asistensi, seluruh wilayah penyerapan anggarannya akan diekspos secara nasional.

Sedangkan Teguh mengingatkan bahwa asistensi adalah pembimbingan. Apabila sudah diarahkan akan masuk pada tahap penindakan. ‘’Kita memiliki satu komando baik di provinsi, kabupaten dan kota. Masalah di wilayah kawan kawan juga masalah kami di pusat. Peran kawan kawan di APIP mesti jelas. Termasuk delapan area intervensi yang diharapkan di MCP,’’ terang Irsus.

Teguh berulang – ulang mengingatkan independensi APIP apabila ada penyalahgunaan kewenangan secepatnya disampaikan ke Irjen Depdagri. Apabila dibiarkan maka yang terjadi akan ada pembinaan dan harus ada saksi. ‘’Jangan ragu – ragu melaporkan bila ada potensi penyalahgunaan kewenangan atau korupsi maka rekomendasikan untuk diganti atau dilaporkan,’’ tegasnya.

Kemudian, Inspektorat IV Depdagri, Arsan Latif memandu asistensi percepatan penyerapan anggaran 2022 baik provinsi, kabupaten dan kota. Tak tanggung tanggung, Arsan langsung absen peserta. ‘’Jangan main main absen ini juga kami laporkan,’’ kata Arsin. ***

Dipublikasikan : Tenaga Ahli Gubernur Sulawesi Tengah Bidang Komunikasi Publik

Berita terkait