Diplomasi Bisnis Internasional ‘Batik Bomba’ Anindya Dan Elon Musk di B20 Bali

  • Whatsapp
banner 728x90

BALI – Seketika menjadi perbincangan di masyarakat bisnis internasional. Menjadi kebanggaan Indonesia, khususnya Provinsi Sulawesi Tengah. Ketika pewaris kerajaan bisnis Bakrie, Anindya Bakrie menjadi host di Forum B20 Nusa Dua Bali, Senin 14 Nopember 2022.

Apa itu? CEO dan Direktur Utama Bakrie & Brothers Tbk secara virtual dengan gaya khasnya menegasi bahwa baju yang dipakai pemilik Twitter dan Tesla, Elon Musk adalah batik Bomba asal Provinsi Sulteng. Elon pun menjawab bahagia, dan menyukainya.

Diplomasi bisnis internasional dipertontonkan Anindya mencairkan sapaannya ke Elon. Tak hanya itu, Anindya juga menyebut bahwa batik Bomba itu dikirim langsung dari Indonesia ke Amerika untuk bos mobil Tesla tersebut.

Menyimak percakapan Anindya, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura sangat bangga. Ia menyebut, gaya Anindya menunjukkan diplamasi bisnis internasional. Sebagai daerah penghasil Batik Bomba, Rusdy mengapresiasinya. ‘’Elon Musk akhirnya mengetahui Batik Bomba. Anindya seorang marketer muda Indonesia yang hebat. Anak itu sangat berbakat. Terima kasih adindaku,’’ tutur gubernur merespon cuplikan video viral ‘Batik Bomba’ kepada redaksi kailipost.com

Dengan modal itu, gubernur berharap Bupati Donggala dan Wali Kota Palu mesti sigap menangkap momentum tersebut. ‘’Bayangkan kalau kita mempromosikan sampai ke tangan Elon Musk batik Bomba berapa biayanya. Momentum bisnis begini segera disikapi dengan menata lebih baik UMKM Batik Bomba ke depan untuk kesiapan mancanegara,’’ terang Cudi, sapaan akrab gubernur.

Gaya Anindya adalah diplomasi bisnis dunia. Ia mampu mencairkan prolog diskusi dengan Elon Musk. Effectnya dunia bisnis akan tertarik dengan batik Bomba. ***

editor senior : andono wibisono

Berita terkait