14 Anggota Klub Motor Hilang Satu Tewas di Hutan Banjalaweh Sumbar

Ilustrasi. Satu orang tewas ketika 14 anggota klub motor yang sempat dinyatakan hilang di Hutan Banjalaweh ditemukan. (Astra Honda Motor )

Limapuluh Kota,- Sebanyak 14 anggota klub motor Ikatan Trabas Adventure (ITA) Sumatera Barat (Sumbar) yang tersesat dan hilang di Hutan Banjalaweh, Kabupaten Limapuluh Kota.

Diketahui mereka dikabarkan hilang setelah masuk ke hutan lebat itu untuk membuka rute baru.

Setelah proses pencarian panjang, 14 anggota klub motor tersebut berhasil ditemukan. Namun satu di antara para korban dilaporkan meninggal dunia.

Berikut sederet fakta terkait peristiwa itu:

1. Masuk hutan untuk buka jalur baru

Para korban diketahui masuk ke Hutan Banjalaweh di Kabupaten Limapuluh Kota pada Minggu (22/1) pagi. Rencananya, 14 anggota klub motor Ikatan Trabas Advencure (ITA) Sumbar ini akan langsung keluar atau pulang pada Mingu petang.

“Komunitas ini turun pada pagi hari Minggu dan rencana akan keluar pada sore hari,” kata Kepala Pos Basarnas Kabupaten Limapuluh Kota, Robi Saputra, Senin (23/1/2023).

Namun, hingga Minggu tengah malam, para korban tak kunjung turun. Kondisi cuaca yang saat itu sangat deras dan hari makin gelap, menyebabkan mereka sulut mencari jalan keluar.

Petugas gabungan dari Basarnas, BPBD dan PMI langsung melakukan pencarian.

2. Petugas sempat kesulitan

Basarnas yang menerima informasi tersebut langsung melakukan operasi SAR untuk menemukan para korban. Namun, lokasi mereka tersesat dan hilang yang cukup sulit, menyebabkan proses pencarian korban sempat terkendala.

Hutan Banjalaweh sendiri masuk dalam gugusan Pegunungan Bukit Barisan. Pegunungan ini terkenal dengan jurangnya yang terjal dan medan yang sangat sulit.

Berita terkait