Capai Penerimaan Pajak Rp1,94 Triliun, KPP Pratama Palu Terus Berprestasi

  • Whatsapp
banner 728x90

PALU, – Kepala KPP Palu Bangun Nur Cahya Kurniawan di dampingi Sekertaris PWI Sulteng Temu Sutrisno/Yohan menggelar Media Gathering 2023 di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu tempat Ruang TPT KPP Pratama Palu, Kamis, (12/01/2023).

Dalam rangka menyebarluaskan informasi perpajakan terbaru kepada wajib pajak dan Stakeholder Direktorat Jenderal Pajak.

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu mencatat realisasi penerimaan pajak tahun 2022 hingga 31 Desember 2022 sebesar Rp 1,94 Triliun atau sebesar 125,36% dari target penerimaan pajak di tahun 2022 yang dibebankan sebesar Rp 1,55 triliun. Realisasi pencapaian penerimaan pajak di tahun 2022 ini mengalami pertumbuhan sebesar 32,29% dari realisasi penerimaan pajak tahun 2021.

“Pencapaian Penerimaan Pajak KPP Pratama Palu yang lebih dari 100% ini sebagian besar berasal dari 5 (lima) sektor usaha” ucap Bangun Nur Cahya Kurniawan.

5 (lima) Sektor Usaha

Selain tercapainya penerimaan pajak tahun 2022, katanya, KPP Pratama Palu juga berhasil mencapai target tingkat kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan tahun pajak 2022 sebanyak 75,308 SPT atau sebesar 113,59% dari sebesar 66.297 SPT.

Bangun Nur Cahya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepada seluruh pihak yang telah berperan secara langsung maupun tidak langsung dalam pencapaian target penerimaan pajak tahun 2022.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada wajib pajak yang telah memenuhi kewajiban perpajakannya. Tak lupa Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kinerja KPP Pratama Palu, baik secara langsung maupun tidak langsung, termasuk jajaran pemerintah daerah, perwakilan daerah, asosiasi-asosiasi usaha, pihak perbankan, dan tema-teman media, sehingga memudahkan kami dalam mencapai target penerimaan yang ditetapkan.” Ungkapnya

Ia juga menyampaikan tanpa dukungan dari berbagai pihak, target penerimaan yang dibebankan kepada KPP Pratama Palu akan sulit tercapai terutama dalam situasi pandemi Covid-19.

Tahun 2022 ini merupakan tahun prestasi bagi KPP Pratama Palu, karena berbagai prestasi telah diraih di tahun ini diantaranya predikat Zona Integritas menuju wilayah bebas dari Korupsi (ZI-WBK) dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dan penghargaan Unit Penyelenggara Pelayanan public kategori pelayanan Prima lingkup Kementrian/Lembaga Khusus Tahun 2022, dalam program pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh KemenPANRB.

Editor : Hidayat

Berita terkait