Ini Daftar Nama Proyek Infrastruktur di IKN Wajib Diketahui

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pembangunan infrastruktur kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (25/10/2022). - Istimewa
banner 728x90

JAKARTA,- Tahun 2023 pemerintah benar – benar serius membangun ibukota negara Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur. Kesiapan membangun infrastruktur dasar sudah dimulai sejak tahun lalu dan hampir selesai.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga merilis bahwa pembangunan IKN sudah 12 – 15 persen. Data yang dikirim ke media ada beberapa proyek yang akan dikerjakan.

1.  Istana Negara : Istana Presiden di IKN Nusantara mulai dibangun akhir Januari 2023. Progresnya masih dalam pembentukan lahan atau pemerataan. Istana negara di IKN itu terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim. Luasnya 50 hektare. Nantinya akan ada lokasi embung air, lapangan upacara, botanical garden, kantor presiden, hingga Istana Negara.
2.  Apartemen PNS : Pembangunan rumah susun atau apartemen untuk 16.990 ASN di IKN dibangun pada Juni 2023. Target ini disampaikan oleh Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga. Mengingat ASN tergolong dari berbagai tingkatan, maka pembangunan unit apartemen juga akan ada perbedaan. Misalnya, semakin tinggi pangkat ASN tersebut maka akan lebih luas.

Kementerian PUPR sendiri berencana membangun 47 tower rumah susun, yang terdiri dari 31 tower untuk ASN di west residence, 9 tower untuk Paspampres, 4 tower untuk Polri, dan 3 tower BIN.

Untuk pembangunan apartemen ASN ini dilakukan bukan hanya dari pemerintah saja, tetapi juga ada tiga investor yang telah teken untuk membangun.

Dari pihak swasta yang akan membangun hunian ASN di antaranya PT Summarecon Agung Tbk (Summarecon), PT Risjadson Brunsfield Nusantara – CCFG Corp (Konsorsium Nusantara), dan Korea Land and Housing Corporation (KLHC).

3.  Dermaga Baru di IKN: Pemerintah juga berencana membangun dermaga baru di IKN. Dermaga tersebut nantinya bertujuan untuk akses keluar masuknya logistik ke IKN. Saat ini hanya ada satu dermaga yang terdapat di kawasan IKN, yakni Dermaga Cita Sabut. Dermaga itu merupakan akses keluar masuknya kapal perusahaan kayu dan kerta yakni PT ITCI Hutani Manunggal (IHM).

Oleh sebab itu, dermaga baru akan dibangun agar akses keluar masuknya logistik ke IKN tidak mengganggu akses dari perusahaan ITCI. Selain itu, dermaga baru juga diharapkan bisa menjadi akses masyarakat menuju IKN.

Berita terkait