Ini Daftar Nama Proyek Infrastruktur di IKN Wajib Diketahui

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pembangunan infrastruktur kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (25/10/2022). - Istimewa

KA dan Terowongan Bawah Laut
Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara Danis Sumadilaga juga mengungkap menuju ke IKN, selain jalur darat melalui jalan tol pemerintah juga memiliki rencana untuk membangun akses kereta api dan terowongan bawah laut.

Selain itu, pemerintah juga sedang melakukan studi kelayakan atau feasibility studies untuk membangun terowongan bawah laut (immerse tunnel).

“Lalu kenapa immerse tunnel? Karena konsepnya kita menjaga lingkungan di sini itu tempatnya, ada monyet juga, ikan dugong, jadi betul-betul kita menjaga. Alternatifnya sebetulnya lebih mudah jembatan, tapi tidak terlalu bagus secara lingkungan,” tuturnya.

4.  Lahan Untuk Investor: Pemerintah mempersiapkan lahan untuk investor sebanyak 700 hektare di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kalimantan Timur. Tepatnya pada sub wilayah pembangunan 1A.

Sebagai informasi wilayah pembangunan KIPP sendiri dibagi menjadi beberapa bagian, sub 1A sebesar 2.876 hektare (ha), sub 1B 2.037 ha, dan sub 1C 1.758 ha. Lahan yang baru disiapkan pada tahap awal baru di sub 1A. Sementara di sub 1B dan 1C akan ada lahan untuk investor tetapi belum disiapkan.

Danis menjelaskan dari total lahan 1A akan ada tambahan sekitar 700 ha untuk investor. Jadi, total lahan di sub wilayah pembangunan 1A menjadi sekitar 3.600 ha.

Potensi pembangunan untuk investor sendiri menurut Danis bisa berbagai macam. Misalnya untuk sub wilayah pembangunan 1A pada tahap awal itu sudah ada kerja sama pembangunan hunian untuk ASN. Kemudian, ada juga peluang investasi jangka menengah.

“Jangka menengah itu contohnya proyeknya bicara pendidikan, kesehatan, kemudian bisa saja bangunan komersial mall, hotel, perkantoran, kemudian bisa saja rumah tapak, dan apartemen komersial,” ungkapnya.

Selain itu, peluang investasi lainnya yakni untuk bandara udara, pelabuhan laut, hingga terminal angkutan umum. Bahkan investasi untuk tenaga listrik juga terbuka bagi investor.

Berita terkait